Survei Deutsche Bank: Bitcoin Diprediksi Akan Turun di Bawah $20.000?

Survei Deutsche Bank: Bitcoin Diprediksi Akan Turun di Bawah $20.000?

Sebuah survei terbaru oleh Deutsche Bank mengejutkan banyak pihak dengan hasil yang menunjukkan lebih dari sepertiga responden memprediksi Bitcoin akan jatuh di bawah $20.000. Apakah ini pertanda buruk bagi masa depan crypto, atau hanya kepanikan sesaat?

Survei Global dan Ketidakpastian Pasar

Deutsche Bank baru-baru ini melakukan survei yang melibatkan 2.000 konsumen dari AS, Inggris, dan Eropa. Hasilnya cukup mengejutkan: lebih dari sepertiga responden percaya bahwa harga Bitcoin akan turun di bawah $20.000 menjelang akhir tahun ini.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa ada tingkat ketidakpastian yang tinggi di antara para peserta terkait prospek jangka panjang Bitcoin. Sebagian besar responden bahkan mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi runtuhnya mata uang crypto utama dalam dua tahun ke depan.

Baca Juga: Analis Galaxy Digital Sebut 2024 akan Jadi Tahun Penuh Tantangan bagi Ethereum dan Bitcoin!

Faktor Penyebab dan Sentimen Pasar

hasil survei deutsche bank
Sumber: Deutsche Bank

Penurunan harga Bitcoin yang signifikan setelah peluncuran ETF Bitcoin spot di AS menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi sentimen pasar. Banyak yang melihat peluncuran ETF sebagai titik balik bagi industri, namun kenyataannya malah menimbulkan volatilitas harga.

Selain itu, kejadian-kejadian masa lalu seperti kebangkrutan bursa crypto FTX dan runtuhnya TerraUSD (UST) turut memperburuk sentimen pasar. Regulasi ketat yang sedang berlangsung di AS juga dianggap sebagai salah satu faktor yang menekan harga Bitcoin.

Baca Juga: Bitcoin dan Ethereum Menggila: Shorts Senilai $60 Juta Terpangkas!

Pemahaman tentang Crypto dan Prospek Masa Depan

Salah satu temuan menarik dari survei Deutsche Bank adalah kurangnya pemahaman tentang crypto di kalangan konsumen. Dua pertiga responden memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pemahaman sama sekali tentang aset digital ini.

Meskipun banyak yang pesimis, masih ada sebagian kecil yang optimis tentang masa depan Bitcoin. Mereka percaya bahwa Bitcoin masih akan terus eksis dan berkembang di tahun-tahun mendatang, meskipun dihadapkan pada tantangan yang berat.

Kesimpulan

Hasil survei Deutsche Bank ini membuka mata banyak pihak tentang realitas pasar crypto saat ini. Meskipun banyak yang pesimis, penting untuk diingat bahwa pasar crypto selalu penuh dengan ketidakpastian. Apakah ini hanya fase sementara atau awal dari akhir, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi