Ketua The Fed, Jerome Powell, Ungkap Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Pasar Crypto!

Ketua The Fed, Jerome Powell, Ungkap Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Pasar Crypto!

Dalam konferensi pers pasca pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC), Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell, memberikan pandangannya tentang keputusan terbaru mengenai suku bunga dan dampaknya terhadap pasar keuangan, termasuk pasar crypto. Kira-kira bagaimana keputusannya dan apa dampaknya untuk pasar crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keputusan Suku Bunga dan Dampaknya

Federal Reserve memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25%-5,5%, yang merupakan tingkat tertinggi dalam 22 tahun terakhir. Keputusan ini sesuai dengan ekspektasi pasar.

Meskipun tidak ada kenaikan suku bunga, ada ketidakpastian besar tentang arah kebijakan FOMC selanjutnya. Dokumen yang dirilis menunjukkan kecenderungan kebijakan yang lebih restriktif dan pendekatan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pasar bereaksi terhadap pandangan ini, dengan indeks S&P 500 turun hampir 1% dan Nasdaq Composite turun 1,5%.

Baca Juga: Jerome Powell di Jackson Hole: “Suku Bunga Siap Naik Jika Diperlukan”

Pandangan Powell Tentang Inflasi

jerome powell terhadap inflasi
Sumber: CNBC

Dilansir dari Coingape, Powell mengakui bahwa saat ini kebijakan moneter bersifat restriktif dan Federal Reserve masih memiliki jalan panjang untuk mencapai target inflasi 2%.

Meskipun demikian, Powell menegaskan bahwa bank sentral ingin melihat kemajuan lebih lanjut dalam perjuangannya melawan inflasi sebelum membuat keputusan lebih lanjut.

Proyeksi menunjukkan kemungkinan satu kenaikan lagi tahun ini, diikuti dengan dua pemotongan pada 2024, yang lebih sedikit dari yang diindikasikan pada pembaruan Juni.

Baca Juga: Wah! Harga Crypto Terpengaruh Harga Saham Karena Keputusan The Fed? Apa Dampaknya?

Pasar Crypto dan Dampak Keputusan Fed

Meskipun Jerome Powell tidak secara eksplisit membahas pasar crypto dalam pidatonya, keputusan FOMC memiliki dampak langsung pada pasar keuangan, termasuk pasar crypto.

Stabilitas moneter dan kebijakan suku bunga mempengaruhi kepercayaan investor dan arus modal ke berbagai aset, termasuk Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Keputusan untuk mempertahankan suku bunga dapat mempengaruhi persepsi risiko dan imbal hasil di pasar crypto, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi harga dan volatilitas.

    Keputusan Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga dan pandangan Jerome Powell tentang inflasi dan kebijakan moneter memberikan wawasan penting bagi investor dan pemangku kepentingan di pasar keuangan. Dengan ketidakpastian yang masih ada, pasar akan terus memantau perkembangan dan keputusan Fed di masa mendatang.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: