Dampak Halving Bitcoin – Pembaruan ‘Pertama Kali dalam Sejarah’ Bikin Penambang Waspada

Dampak Halving Bitcoin – Pembaruan ‘Pertama Kali dalam Sejarah’ Bikin Penambang Waspada

Jakarta, Pintu News – Setelah halving Bitcoin selesai dan berlalu, kini saatnya mencapai tonggak sejarah lainnya.

Halving menyerang komponen vital dari pendapatan penambang – hadiah blok tetap. Yang terbaru memangkas insentif dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok.

Baca Juga: Zksnacks Batasi Akses Wasabi Wallet untuk Pengguna AS

Dengan kata lain, setelah setiap halving, penambang harus menggandakan investasi penambangan mereka untuk mencapai titik impas.

Penurunan Harga Bitcoin Berpengaruh

Hal yang menambah kesengsaraan mereka adalah penampilan Bitcoin yang tidak mengesankan pada grafik harga. Setelah dorongan bullish singkat, koin raja ini tergelincir, dengan harga Bitcoin turun 1,63% pada saat berita ini ditulis, menurut CoinMarketCap.

Aliran Pendapatan Penambang

penambangan BTC
Hash Rate Index

Sementara hadiah blok mungkin menjadi aliran pendapatan yang tidak layak bagi penambang, ada banyak hal yang dapat diharapkan dari biaya transaksi.

AMBCrypto melaporkan sebelumnya bagaimana protokol Runes menyebabkan lonjakan biaya yang luar biasa segera setelah halving, membantu mengimbangi kerugian dari halving. Faktanya, sekitar 3/4 dari pendapatan penambangan Bitcoin kumulatif dari hari halving terdiri dari biaya yang dibayarkan oleh pengguna.

Penutup

Halving Bitcoin terbaru telah membawa serta serangkaian tantangan bagi para penambang. Dengan hadiah blok yang dipotong setengah, mereka sekarang harus bekerja dua kali lebih keras untuk mencapai titik impas. Penurunan harga Bitcoin baru-baru ini semakin memperburuk keadaan, membuat penambang semakin sulit untuk menutupi biaya mereka.

Namun, ada secercah harapan dalam bentuk biaya transaksi, yang telah meningkat secara signifikan sejak halving. Jika tren ini berlanjut, biaya transaksi dapat membantu meringankan beberapa tekanan pada penambang dan memastikan keberlanjutan operasi penambangan Bitcoin.

Baca Juga: Hari Q Semakin Dekat: Bisakah Ethereum Selamat dari Krisis Kuantum?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi