Bitcoin: Halving dan Dampaknya pada Penambangan

Bitcoin: Halving dan Dampaknya pada Penambangan

Jakarta, Pintu News – Bitcoin (BTC) akan segera melakukan event Bitcoin halving, yaitu proses pengurangan hadiah penambangan Bitcoin sebesar 50% setiap 210.000 blok, yang terjadi kira-kira setiap empat tahun. Hal ini berdampak besar pada penambang Bitcoin, yang harus beradaptasi atau menghadapi risiko gulung tikar.

Dampak Halving pada Penambang Bitcoin

Halving Bitcoin membuat Bitcoin semakin langka dan bertindak sebagai tindakan deflasi, yang memperkuat aset sebagai penyimpan nilai.

Baca Juga: Harga Ethereum Naik 7% dalam 24 Jam, Akankah Bull Run Dimulai?

Namun, hal ini juga berarti bahwa penambang Bitcoin akan menerima lebih sedikit BTC untuk setiap blok yang mereka tambang. Untuk bertahan hidup, penambang harus meningkatkan efisiensi penambangan mereka dan mencari sumber energi yang lebih terjangkau.

Pergeseran Lanskap Penambangan Bitcoin

saham bitcoin mining
Generated by AI

Halving Bitcoin dapat mengubah lanskap penambangan Bitcoin. Penambang yang tidak dapat beradaptasi dengan cepat mungkin terpaksa menutup operasi mereka, sementara penambang yang lebih efisien akan memperluas operasi mereka.

Hal ini dapat menyebabkan sentralisasi penambangan Bitcoin, karena penambang besar dengan lebih banyak sumber daya akan memiliki keuntungan yang lebih besar.

ETF Bitcoin dan Dampaknya pada Harga

Selain halving, faktor lain yang mempengaruhi harga Bitcoin adalah masuknya dana yang besar ke dalam ETF Bitcoin. ETF Bitcoin memungkinkan investor institusional untuk berinvestasi dalam Bitcoin tanpa harus membeli dan menyimpan Bitcoin secara langsung. Hal ini telah menyebabkan peningkatan permintaan Bitcoin dan mendorong harganya naik.

Penutup

Halving Bitcoin adalah peristiwa penting yang berdampak besar pada penambang Bitcoin dan harga Bitcoin. Penambang harus beradaptasi dengan cepat untuk bertahan hidup, sementara investor dapat memanfaatkan peluang investasi yang muncul dari halving Bitcoin dan masuknya dana ke dalam ETF Bitcoin.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi