Bitcoin Halving: Dampaknya pada Harga dan Kripto Lainnya

Bitcoin Halving: Dampaknya pada Harga dan Kripto Lainnya

Bitcoin baru-baru ini mengalami kenaikan harga yang signifikan, didorong oleh dua faktor utama: halving yang akan terjadi dalam waktu kurang dari delapan minggu dan permintaan yang tinggi dari spot ETF Bitcoin. Bitcoin halving adalah peristiwa di mana hadiah penambangan Bitcoin dipotong setengah, yang secara teori dapat mengurangi pasokan Bitcoin dan meningkatkan harganya.

Dampak Halving pada Harga Bitcoin

Secara historis, halving Bitcoin telah menjadi katalis untuk pertumbuhan harga yang luar biasa. Namun, dalam dua siklus terakhir, dampak halving terhadap harga Bitcoin tidak sebesar yang diharapkan.

Baca Juga: 5 Top Token Ekosistem MultiversX 2024: MultiversX, xMoney, Crust Network, Cantina Royale, Wrapped EGLD

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kapitalisasi pasar Bitcoin yang sudah besar dan munculnya altcoin yang menawarkan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Dampak Halving pada Altcoin

Dampak Halving pada Altcoin
X @intangiblecoins

Meskipun Bitcoin tidak mengalami keuntungan yang signifikan dari halving, altcoin justru menunjukkan kinerja yang lebih baik. Dalam dua siklus terakhir, nilai total altcoin meningkat secara drastis setelah halving Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa halving Bitcoin dapat memberikan dampak positif terhadap pasar altcoin secara keseluruhan.

Dampak Halving pada Siklus Pasar Bitcoin

Siklus pasar Bitcoin yang berulang setiap empat tahun tidak hanya disebabkan oleh halving. Faktor lain seperti siklus likuiditas global juga memainkan peran penting dalam pergerakan harga Bitcoin. Likuiditas global yang meningkat dapat mendorong permintaan Bitcoin dan altcoin, sehingga menyebabkan kenaikan harga.

Penutup

Halving Bitcoin merupakan peristiwa penting yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin dan altcoin. Namun, dampak halving tidak selalu sama dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lain. Investor perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga: Altcoin Siap Meroket 2x Setelah Bitcoin Menguat, Analis Prediksi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi