CEO Binance, CZ, Menghadapi Hukuman Penjara dan Denda Miliaran Dollar

CEO Binance, CZ, Menghadapi Hukuman Penjara dan Denda Miliaran Dollar

Dalam perkembangan terbaru skandal Binance, CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, menghadapi tantangan hukum yang semakin berat. Meski telah mengaku bersalah atas pelanggaran persyaratan Anti-Pencucian Uang Amerika Serikat, tampaknya masalah hukum CZ baru saja dimulai.

Menghadapi Hukuman Penjara

Menurut Pedoman Penjatuhan Hukuman AS, CZ berpotensi menerima hukuman penjara selama 12-18 bulan. Namun, Departemen Kehakiman AS tampaknya bersedia berjuang untuk mendapatkan hukuman yang lebih lama. CZ dijadwalkan untuk dijatuhi hukuman pada Februari 2024.

Saat ini, dia sedang menantang upaya pemerintah untuk mencegah kepulangannya ke Uni Emirat Arab (UEA) sambil menunggu hukuman bersama keluarganya. Namun, otoritas menunjukkan bahwa CZ mungkin menghadapi hukuman yang lebih berat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030: Harga Binance Bisa Naik 2.247%!

Meski tim hukumnya kemungkinan akan meminta tanpa hukuman penjara atau hukuman alternatif, menggabungkan waktu penjara dengan tahanan rumah dan masa percobaan.

Denda Miliaran Dollar

mata uang nigeria dinilai rendah
Guardian.nd

Pada 21 November, CZ mencapai penyelesaian sebesar $4,3 miliar dengan pemerintah AS karena diduga membiarkan individu yang terlibat dalam aktivitas ilegal mentransfer dana melalui bursa.

Sebagai bagian dari penyelesaian, dia mengundurkan diri sebagai CEO. CZ dibebaskan dengan jaminan sebesar $175 juta yang mengharuskannya kembali ke AS 14 hari sebelum tanggal hukuman yang dijadwalkan pada 24 Februari 2024.

Pengaruh CZ di Industri Crypto

Relevansi CZ di industri crypto mungkin juga mempengaruhi nasibnya. John Reed Stark, mantan pejabat Komisi Sekuritas dan Bursa, percaya bahwa jika Departemen Kehakiman tidak mendapatkan hukuman untuk CZ yang mencegah perilaku pencucian uang di masa depan di dunia crypto, maka “kesepakatan pengakuan bersalah” ini bisa berbalik merugikan Departemen Kehakiman.

Paragraf Penutup

Kasus Binance-CZ ini menimbulkan kontroversi di kalangan ahli hukum dan bisnis. Menurut Omid Malekan, penulis dan dosen tamu di Columbia Business School, pendekatan Departemen Kehakiman terhadap bursa ini berbeda secara signifikan dari apa yang terlihat di keuangan tradisional.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi