Mantan CEO Binance, CZ, Menantang Larangan Perjalanan dari Pemerintah AS

author:

Mantan CEO Binance, CZ, Menantang Larangan Perjalanan dari Pemerintah AS

Changpeng “CZ” Zhao, mantan CEO Binance, menantang upaya pemerintah Amerika Serikat untuk membatasi perjalanannya sebelum tanggal vonisnya. CZ berpendapat bahwa dia bukanlah ancaman pelarian dan berencana untuk kembali sebelum tanggal vonisnya pada tahun depan.

Tantangan CZ terhadap Larangan Perjalanan

CZ telah menentang upaya pemerintah AS untuk mencegahnya kembali ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk bersama keluarganya sambil menunggu vonis setelah mengaku bersalah. Dalam pengajuan pengadilan pada 23 November 2023, pengacara CZ mendesak hakim distrik AS untuk menolak perubahan yang diusulkan terhadap kondisi jaminannya, seperti yang diajukan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ).

Baca juga: DOJ Desak Perusahaan Crypto untuk Mengikuti Aturan Setelah Skandal Binance

Lebih lanjut, pengacara CZ menegaskan bahwa dia tidak berniat tinggal di UEA untuk menghindari tanggal vonisnya meskipun ada potensi hukuman penjara 18 bulan.

Argumen DOJ dan Respons CZ

doj regulasi crypto

Pada 22 November 2023, jaksa AS mengajukan pengajuan pengadilan, berpendapat bahwa CZ harus dibatasi dari meninggalkan Amerika Serikat karena risiko pelarian yang dirasakan. DOJ berpendapat bahwa jika CZ memilih untuk tidak kembali dari UEA untuk vonisnya, mengamankan kepulangannya akan menimbulkan tantangan bagi pemerintah.

Namun, berdasarkan dokumen jaminan yang diajukan ke pengadilan pada 21 November, diungkapkan bahwa CZ memiliki ikatan pelepasan sebesar $175 juta dan berkomitmen untuk kembali ke AS 14 hari sebelum tanggal vonisnya pada 23 Februari 2024.

Baca juga: CEO Binance Mundur, CZ Wajib Bayar Denda $4,3 Miliar! Ini Detail Kasusnya!

Dampak pada Binance dan Industri Crypto

Ini terjadi setelah CZ setuju untuk mundur sebagai CEO Binance di tengah pengakuan bersalah atas beberapa tuduhan yang diajukan oleh DOJ. Meskipun kesepakatan ini memungkinkannya mempertahankan saham mayoritasnya di Binance, dia tidak akan diizinkan untuk memegang posisi eksekutif di bursa crypto tersebut.

Kesepakatan ini tidak mempengaruhi litigasi yang sedang berlangsung yang Binance miliki terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS; namun, ini akan menyelesaikan masalah perusahaan dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas.

Dengan tantangan CZ terhadap larangan perjalanan ini, dunia crypto menunggu untuk melihat bagaimana situasi ini akan berdampak pada Binance dan industri crypto secara keseluruhan. Apapun hasilnya, ini pasti akan menjadi titik penting dalam sejarah regulasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: