Perketat Aturannya, Cyprus Siapkan Hukuman Berat untuk Pelanggar Regulasi Crypto!

author:

Perketat Aturannya, Cyprus Siapkan Hukuman Berat untuk Pelanggar Regulasi Crypto!

Cyprus, negara yang dikenal ramah terhadap industri crypto, kini tengah mempersiapkan regulasi yang lebih ketat. Langkah ini diambil sebagai upaya penguatan kerangka regulasi dalam sektor cryptocurrency.

Perketat Regulasi Crypto

cyprus perketat aturan crypto
Sumber: Freeman Law

Pada 10 Oktober 2023, Kementerian Keuangan Cyprus mengumumkan niatnya untuk mengubah Undang-Undang Pencegahan dan Penindakan Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme yang ada saat ini. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan Cyprus dengan standar internasional Anti-Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (AML/CFT) yang ditetapkan oleh Financial Action Task Force (FATF) dan rekomendasi dalam laporan MONEYVAL yang diterbitkan pada November 2022.

Dalam amandemen yang diajukan, setiap penyedia layanan yang bekerja dengan aset crypto harus mendaftar dengan regulator keuangan, Cyprus Securities and Exchange Commission (CySEC). Jika tidak mematuhi, hukuman yang diberikan bervariasi mulai dari denda hingga €350.000 ($370.000) hingga penjara selama lima tahun atau kombinasi keduanya.

Asosiasi Pengacara Cyprus Angkat Bicara

Amandemen ini mendapat beberapa penolakan dari Asosiasi Pengacara Cyprus, terutama mengenai kewajiban bagi penyedia layanan crypto dengan lisensi aktif dari negara-negara Eropa lainnya untuk mendaftar dengan CySEC.

Ketentuan ini dimasukkan dalam amandemen oleh CySEC sendiri. Namun, perusahaan crypto melaporkan tidak ada masalah signifikan dalam mendaftar di Cyprus. Pada September lalu, perusahaan broker yang ramah crypto, eToro, menerima registrasi penyedia layanan aset crypto dari CySEC, mengikuti Bybit, yang menerima lisensi yang sama pada bulan Juni.

Cyprus Maju dengan Rencana Regulasi Crypto yang Progresif

Cyprus sedang aktif bekerja untuk menciptakan lingkungan cryptocurrency yang diatur dengan baik, langkah ini bertujuan untuk menyelaraskan dengan standar global sekaligus menangani kekhawatiran pemangku kepentingan utama.

Dalam persiapan untuk regulasi Pasar dalam Aset Crypto, atau MiCA, yang akan memungkinkan perusahaan di Uni Eropa melayani seluruh blok dengan lisensi yang diperoleh dari satu negara anggota, Cyprus telah secara proaktif memperkenalkan sistem pendaftaran canggih sebelum implementasi MiCA yang diantisipasi pada tahun 2024.

Langkah ini sejalan dengan tren yang lebih luas dari negara-negara yang memperketat regulasi seputar penyedia layanan aset crypto untuk mengekang aktivitas ilegal seperti pencucian uang dan penipuan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: