Curve Finance Tawarkan Hadiah Bagi Siapa Saja yang Berhasil Temukan Pelaku Peretasan!

Curve Finance Tawarkan Hadiah Bagi Siapa Saja yang Berhasil Temukan Pelaku Peretasan!

Dalam dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi), Curve Finance telah mengalami kerugian besar akibat aksi peretasan. Namun, mereka tidak tinggal diam. Mereka menawarkan hadiah besar bagi siapa saja yang bisa mengidentifikasi pelaku di balik aksi ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Serangan Besar pada Curve Finance

curve finance diretas
Sumber: Akun Twitter Curve Finance

Pada tanggal 30 Juli 2023, Curve Finance mengalami serangan yang mengakibatkan hilangnya lebih dari $61 juta dari pool mereka. Serangan ini mengejutkan banyak pihak dan memicu kekhawatiran tentang keamanan di dunia DeFi.

Dalam serangan tersebut, peretas berhasil menguras $13,6 juta dari kolam Alchemix’s alETH-ETH, $11,4 juta dari JPEGd’s pETH-ETH, dan $1,6 juta dari Metronome’s sETH-ETH.

Baca Juga: Justin Sun dari Tron Bantu Curve Finance dari Krisis Utang dengan Membeli 5 Juta CRV!

Curve Finance Beri Tawaran Komisi untuk Peretas?

Dilansir dari Cointelegraph, Curve Finance, bersama dengan protokol lain yang terkena dampak, pada tanggal 3 Agustus 2023 menawarkan hadiah sebesar 10% dari total dana yang dicuri kepada peretas, yaitu lebih dari $6 juta.

Setelah menerima tawaran tersebut, peretas mengembalikan aset yang dicuri ke Alchemix dan JPEGd. Namun, mereka tidak mengembalikan dana ke pool lain yang terkena dampak. Karena batas waktu telah berlalu, siapa pun yang bisa mengidentifikasi peretas akan diberi hadiah senilai $1,85 juta.

Baca Juga: Pendiri Curve Finance Menyetor Rp356 Miliar ke Aave, Gimana Nasib CRV?

Pesan dari Peretas

Sebelum mengembalikan dana, peretas mengirim pesan yang tampaknya ditujukan kepada tim Alchemix dan Curve. Dalam pesannya, peretas mengklaim bahwa mereka mengembalikan dana bukan karena takut ditemukan, tetapi karena tidak ingin “merusak” proyek yang terlibat. Pesan ini menunjukkan bahwa peretas mungkin memiliki motif lain selain sekadar mencuri.

Kasus ini menjadi peringatan bagi dunia DeFi tentang pentingnya keamanan dan kesiapsiagaan. Meskipun Curve Finance telah mengalami kerugian besar, langkah mereka untuk menawarkan hadiah bagi siapa saja yang bisa mengidentifikasi peretas menunjukkan tekad mereka untuk memperbaiki situasi dan mencegah insiden serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: