Curve Finance Siapkan Dana Kompensasi $49 Juta untuk Korban Hack

author:

Curve Finance Siapkan Dana Kompensasi $49 Juta untuk Korban Hack

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan dan menggembirakan, komunitas di balik protokol keuangan desentralisasi (DeFi) Curve Finance telah memutuskan untuk memberikan kompensasi sebesar $49 juta kepada para penyedia likuiditas yang terkena dampak hack senilai $61 juta pada bulan Juli.

Keputusan ini menunjukkan komitmen Curve Finance dalam mendukung para penggunanya dan memperkuat kepercayaan dalam ekosistem DeFi.

Persetujuan Komunitas untuk Kompensasi

curve finance bagikan dana korban hack
Sumber: X

Komunitas Curve Finance telah memberikan suara yang menentukan pada tanggal 21 Desember, dengan persetujuan 94% pemegang token untuk mendistribusikan token senilai lebih dari $49,2 juta sebagai kompensasi. Kompensasi ini ditujukan untuk menutupi kerugian dari kolam Curve (CRV), JPEG’d (JPEG), Alchemix (ALCX), dan Metronome (MET) yang terkena dampak.

Baca juga: CRV Menguat: Bagaimana ‘Whale’ Mempengaruhi Pasar dan Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Kerugian yang dihitung mencakup jumlah Ether (ETH) dan token CRV di kolam sebelum hack, serta emisi CRV yang terlewatkan yang seharusnya didistribusikan kepada penyedia likuiditas selama beberapa bulan terakhir.

Menurut proposal Curve, dana komunitas akan menyediakan token Curve DAO (CRV). Jumlah akhir juga termasuk pengurangan untuk token yang berhasil dipulihkan sejak insiden tersebut.

Detail Insiden dan Langkah Pemulihan

Insiden keamanan terjadi pada tanggal 30 Juli, mengekspos beberapa protokol DeFi ke ujian stres dalam beberapa hari berikutnya karena kekhawatiran tentang dampak eksploitasi pada ekosistem crypto. Pada bulan Juli, total nilai terkunci (TVL) Curve hampir mencapai $4 miliar. Di antara kolam yang terkena dampak adalah alETH/ETH, pETH/ETH, msETH/ETH, dan CRV/ETH.

Meskipun dana yang dicuri di setiap kolam berhasil dipulihkan secara lengkap atau sebagian, bot MEV telah menyebabkan semua kolam yang terkena dampak mengalami kekurangan, dan proposal perbaikan ini bertujuan untuk membuat penyedia likuiditas yang terkena dampak menjadi utuh kembali.

Pelaku mengeksploitasi kerentanan pada kolam stabil yang menggunakan beberapa versi bahasa pemrograman Vyper, yang populer di protokol DeFi karena desainnya untuk Ethereum Virtual Machine.

Baca juga: Skandal Pencurian Jutaan Dolar di KyberSwap, Korban Dapat Ganti Rugi!

Implikasi dan Dampak pada Ekosistem DeFi

sistemik defi

Keputusan Curve Finance untuk memberikan kompensasi ini merupakan langkah penting dalam membangun kembali kepercayaan dalam ekosistem DeFi. Ini menunjukkan bahwa protokol DeFi bersedia mengambil tanggung jawab dan memberikan dukungan kepada penggunanya dalam situasi krisis. Langkah ini juga menandai preseden penting dalam cara protokol DeFi menangani insiden keamanan dan dampaknya terhadap pengguna.

Kompensasi ini tidak hanya membantu mengurangi kerugian finansial para penyedia likuiditas yang terkena dampak, tetapi juga menegaskan komitmen Curve Finance terhadap keamanan dan keandalan platformnya. Ini merupakan sinyal positif bagi masa depan DeFi, di mana keamanan dan dukungan pengguna menjadi prioritas utama.

Secara keseluruhan, kesepakatan kompensasi $49 juta oleh Curve Finance kepada korban hack merupakan langkah bersejarah dalam dunia DeFi. Ini menunjukkan tanggung jawab dan dedikasi komunitas dalam mendukung anggotanya, sekaligus meningkatkan standar untuk keamanan dan perlindungan pengguna dalam industri crypto.

Langkah ini diharapkan akan menjadi contoh bagi protokol DeFi lainnya dalam menghadapi tantangan serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: