Heboh! CryptoPunk Laku $500.000, NFT Kembali Bangkit?

author:

Heboh! CryptoPunk Laku $500.000, NFT Kembali Bangkit?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat sebuah koleksi NFT CryptoPunk terjual dengan harga fantastis, mencapai $500.000. Kejadian ini seakan menjadi sinyal kebangkitan pasar NFT yang sempat lesu, dengan peningkatan volume penjualan global sebesar 17,72% dalam 24 jam terakhir.

Penjualan CryptoPunk Pecahkan Rekor

Sebuah NFT dari koleksi CryptoPunk baru-baru ini terjual seharga 205 Ethereum (ETH), yang setara dengan $507.617. Penjualan ini menjadi yang terbesar dalam 24 jam terakhir dan juga bulan ini. CryptoPunk #6940, yang terjual kemarin pukul 14:11 (UTC), telah menunjukkan peningkatan harga yang signifikan sejak pertama kali dicetak pada Desember 2017 dengan harga hanya $128.

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan Asisten AI ‘Beremosi’ dan Galeri NFT di Mobil!

NFT sales – 22 Januari 2024 | Source: CryptoSlam

Transaksi sebelumnya untuk koleksi yang sama tercatat pada April 2023 dengan harga 215 ETH, namun karena harga Ethereum yang lebih rendah saat itu, hanya bernilai $397.924.

Atscrypto, kolektor NFT yang terkenal, telah memegang koleksi ini selama delapan bulan sebelum akhirnya melepasnya di pasar.

Volume Penjualan NFT Meningkat

cryptopunks nft
Sumber: Blockworks

Meskipun terjadi penurunan volume penjualan koleksi CryptoPunks sebesar 22%, turun menjadi $3,17 juta dalam 24 jam terakhir, pasar NFT global justru mengalami peningkatan volume. Total transaksi kini mencapai 325.804.

Hal ini menunjukkan bahwa minat terhadap koleksi digital kembali menggeliat di tengah pasar yang sempat mengalami penurunan beberapa minggu terakhir. Lebih dari dua bulan sebelumnya, koleksi CryptoPunk lain juga sempat menjadi sorotan dengan penjualan mencapai 600 ETH, atau setara dengan $1,14 juta pada waktu itu.

Penjualan CryptoPunk #7458 tersebut menjadi salah satu pemicu kebangkitan volume penjualan NFT yang kini kita saksikan.

Baca juga: Lonjakan Penjualan NFT Solana: Gebrakan Baru di Tengah Pasar Crypto yang Lesu!

Minat Institusional pada NFT Meningkat

Tidak hanya dari kalangan kolektor individu, minat institusional terhadap NFT juga mengalami peningkatan. CoinGecko baru-baru ini mengonfirmasi bahwa 21 dari 50 merek fashion global teratas telah memiliki proyek NFT. Ini menandakan bahwa NFT tidak hanya menjadi tren di kalangan penggemar crypto, tetapi juga mulai diterima oleh industri fashion dunia.

Kenaikan minat ini menunjukkan potensi besar dari NFT sebagai aset digital di masa depan. Dengan semakin banyaknya merek dan institusi yang terjun ke dalam pasar NFT, bisa jadi ini adalah awal dari era baru di mana NFT menjadi bagian penting dari ekosistem digital global.

Secara keseluruhan, penjualan CryptoPunk yang mencapai setengah juta dolar ini bukan hanya sekedar transaksi, tetapi juga simbol dari kebangkitan minat terhadap NFT. Apakah ini akan menjadi momentum kebangkitan pasar NFT secara keseluruhan? Waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: