Crypto di Nigeria: Antara Peluang dan Tantangan, Bagaimana Peluangnya di Tahun 2024?

Array

Crypto di Nigeria: Antara Peluang dan Tantangan, Bagaimana Peluangnya di Tahun 2024?

Jakarta, Pintu News – Nigeria, negara terpadat di Afrika, telah menjadi pusat utama untuk adopsi cryptocurrency. Namun, lanskap regulasi crypto untuk aset digital ini masih berkembang, menciptakan peluang dan tantangan bagi investor crypto dan bisnis. Artikel ini akan mengeksplorasi lanskap regulasi crypto di Nigeria, membahas peran regulator utama, perkembangan terkini, dan implikasi bagi masa depan.

Regulator Utama di Nigeria

Dua regulator utama yang terlibat dalam regulasi cryptocurrency di Nigeria adalah Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dan Bank Sentral Nigeria (CBN). SEC bertanggung jawab untuk mengatur investasi dan bisnis sekuritas, sementara CBN bertanggung jawab untuk mengeluarkan mata uang legal dan mempromosikan sistem keuangan yang sehat.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) ‘Sinyal Positif’ dari Investor Ritel, Bitcoin Segera Meroket?

Perkembangan Terkini dalam Regulasi Cryptocurrency

regulasi crypto
Generated by AI

Pada tahun 2020, SEC mengakui aset virtual/digital sebagai sekuritas, tetapi CBN kemudian mengeluarkan larangan bagi lembaga keuangan untuk bertransaksi dalam cryptocurrency. Namun, pada Desember 2023, CBN mengeluarkan Pedoman VASP, yang memungkinkan lembaga keuangan untuk membuka rekening untuk penyedia layanan aset virtual (VASP).

Perkembangan terbaru lainnya termasuk dugaan manipulasi mata uang oleh platform perdagangan crypto Binance, yang menyebabkan penurunan nilai Naira. Hal ini telah menyebabkan tindakan keras terhadap aktivitas cryptocurrency di Nigeria.

Tantangan dan Peluang

Lanskap regulasi yang berkembang di Nigeria menghadirkan tantangan dan peluang bagi investor dan bisnis. Tantangannya termasuk ketidakpastian peraturan, risiko penipuan, dan volatilitas pasar crypto. Namun, peluangnya termasuk potensi pertumbuhan pasar, inovasi, dan inklusi keuangan.

Kesimpulan

Masa depan cryptocurrency di Nigeria masih belum pasti. Namun, dasar telah diletakkan oleh regulator untuk operasi bisnis dan aktivitas cryptocurrency. Mengingat upaya pemerintah untuk menarik investasi asing dan status Nigeria sebagai pusat cryptocurrency global, kembalinya lingkungan regulasi yang lebih menguntungkan bukanlah hal yang tidak terduga.

Baca Juga: Game Telegram Viral! Begini Cara Menghasilkan Token Hamster Kombat (HMSTR)

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array