5 Crypto yang Naik Hari Ini (15/2), Melonjak Hingga 16%!

5 Crypto yang Naik Hari Ini (15/2), Melonjak Hingga 16%!

Tahun 2023 diawali dengan kenaikan harga Bitcoin yang signifikan hingga lebih dari 30%. Pasalnya, kenaikan harga Bitcoin dan sentimennya yang memasuki fase ‘greed’, beriringan juga dengan kenaikan aset crypto lainnya.

Menurut market Pintu, ada 5 aset crypto yang naik hari ini hingga belasan persen dan masuk dalam kategori top movers. Kira-kira apa saja aset crypto tersebut? Dan apa faktor yang menyebabkan kenaikan harga token-token tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

1. Oasis Network (ROSE)

Oasis Network (ROSE)
Harga Oasis Network (ROSE) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Oasis Network (ROSE) termasuk ke dalam aset crypto top movers pertama yang naik hingga 16,73% dalam waktu 24 jam per 15 Februari 2023. Kenaikan harga tersebut membuat ROSE menyentuh harga tertingginya di angka Rp1.262. Lalu, mengapa hari ini harga ROSE naik?

Menurut Investopedia, sebelumnya pada 2 Februari 2023 tim Oasis Network merilis roadmap untuk tahun 2023, yang menjelaskan tentang peluncuran dan improvement. Tidak hanya itu, ada juga peningkatan yang tajam dalam open interest atau jumlah total kontrak derivatif yang belum diselesaikan di future, yang mana mencapai hampir $30 juta atau yang setara dengan Rp455 miliar (kurs $1 = Rp15.192) di Oasis.

2. Immutable X (IMX)

Immutable X IMX
Harga Immutable X 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Immutable X (IMX) telah mengalami kenaikan yang signifikan hingga 16,37% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat IMX menyentuh harga tertingginya di Rp17.746 per 15 Februari 2023. Kira-kira mengapa harga IMX naik hari ini?

Dilansir dari Blockzeit, ZK-rollup dari ImmutableX (IMX) ini menggulung beberapa transaksi menjadi satu, yang mana memberikan solusi yang aman dan cepat. Teknologi ini telah membuat ImmutableX (IMX) menjadi platform utama untuk perdagangan aset terdesentralisasi di Ethereum (ETH).

Meskipun baru aktif selama beberapa tahun, ImmutableX (IMX) telah melihat adopsi yang luas di sektor NFT, dengan para developer berbondong-bondong menggunakan ImmutableX (IMX) untuk proyek-proyek mereka. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa GameStop (GME), toko video game terbesar di dunia, baru-baru ini menyatakan bahwa mereka akan membangun NFT marketplace mereka dengan ImmutableX (IMX).

Dari segi kenaikan harga, ImmutableX (IMX) telah mengalami kenaikan lebih dari 100% sejak awal tahun 2023, pertanda bahwa investor optimis dengan potensi solusi penskalaan ini.

Baca Juga: Prediksi Harga Curve Finance (CRV) 2023: Makin Banyak Kemitraan dan Berpotensi Melonjak 3.000%?

3. The Graph (GRT)

Harga The Graph GRT
Harga The Graph (GRT) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, The Graph (GRT) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 13,09% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat GRT menyentuh harga tertingginya di Rp2.634 per 15 Februari 2023. Apa yang menyebabkan harga GRT naik hari ini?

Beberapa waktu ini, artificial intelligence (AI) telah menjadi perbincangan terutama di kalangan para investor. Pasalnya, hal tersebut beriringan dengan kenaikan harga cryptocurrency yang terkait dengan AI, salah satunya The Graph (GRT).

Menurut The Motley Fool, kenaikan harga The Graph hari ini dikarenakan GRT menerima perhatian yang meningkat terkait dengan protokol pengindeksan datanya, yang memungkinkan pencarian terdesentralisasi dan berbagai kemampuan yang menghasilkan utilitas pada blockchain.

Sering kali dipandang sebagai “Google dari blockchain,” fungsionalitas The Graph, yang memungkinkan API yang disebut subGraph untuk memungkinkan pengembangan aplikasi DeFi yang lebih mudah dan lebih lancar, menyediakan blok untuk berbagai aplikasi AI yang akan dibangun.

Oleh karena itu, proyek ini tampaknya dipandang oleh banyak investor sebagai cara di balik layar untuk memainkan reli pertumbuhan di market crypto ini. Untuk mengetahui perkembangan harga GRT, baca prediksi harga GRT tahun 2023, 2025, dan 2030.

4. Fantom (FTM)

Harga Fantom (FTM) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Menurut Market Pintu, Fantom (FTM) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 12,26% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat FTM menyentuh harga tertingginya di Rp7.997 per 15 Februari 2023. Apa yang menyebabkan harga FTM naik hari ini?

Dilansir dari BeInCrypto, data on-chain dari Santiment menunjukkan bahwa alamat dengan 10.000 hingga 10.000.000 FTM telah menjual atau memberikan lebih dari 246 juta token FTM senilai $113,2 juta pada minggu lalu. Setelah lonjakan besar dalam tekanan jual, harga altcoin mengalami penurunan yang tajam. Harga FTM turun dari level tertinggi $0,60 ke level terendah $0,41, yang merupakan retracement 32%.

Ketika alamat-alamat tersebut menjual 246 juta FTM, jumlah token FTM yang telah disimpan di dalam dompet tanpa dipindahkan atau dijual dan yang akhirnya berpindah tangan meningkat pesat. Pergerakan tiba-tiba terebut menunjukkan bahwa para investor secara aktif memperdagangkan FTM yang kemungkinan menjadi salah satu faktor mengapa harga FTM naik hari ini.

Baca Juga: Prediksi Harga Decentraland (MANA) 2023, 2025, dan 2030: Siap Tembus Rp200 Ribu?

5. Ocean Protocol (OCEAN)

Harga Ocean Protocol (OCEAN) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Ocean Protocol (OCEAN) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 8,40% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat OCEAN menyentuh harga tertingginya di Rp7.298 per 15 Februari 2023. Apa yang menyebabkan harga OCEAN naik hari ini?

Menurut Investor Place, kebangkitan crypto AI sebagai subkultur investasi crypto dapat melambungkan harga OCEAN secara signifikan. Ocean Protocol tidak menggunakan kecerdasan buatan (AI). Namun, Ocean Protocol berurusan dengan sesuatu yang terkait erat dengan market AI, yakni data.

Jika SingularityNET adalah market AI, Ocean Protocol adalah market data. Ini menempatkan pemilik data berharga dalam kontak dengan konsumen yang membutuhkan data ini.

Mengingat AI perlu terus mengonsumsi data baru untuk menjadi lebih kuat, disinilah peran jaringan mulai masuk. Para developer AI beralih ke Ocean untuk membeli kumpulan data yang berharga dan mengembangkan kemampuan alat mereka. Baca prediksi harga OCEAN 2023 untuk mengetahui perkembangan harga terbaru.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: