5 Crypto yang Naik Hari Ini (13/3), Melesat Hingga 32%?

5 Crypto yang Naik Hari Ini (13/3), Melesat Hingga 32%?

Hari ini, 13 Maret 2023, hampir semua aset crypto di market Pintu menunjukkan kenaikan harga yang signifikan bahkan hingga 32%. Pasalnya, kenaikan harga tersebut bukan tanpa sebab, ada beberapa hal dan kejadian yang mempengaruhi harga crypto naik. Kira-kira aset crypto apa saja yang mengalami kenaikan hari ini? dan faktor dibalik kenaikan harga tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

1. Synthetix (SNX)

Harga Synthetix (SNX) 24 Jam.
Harga Synthetix (SNX) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Synthetix (SNX) termasuk ke dalam aset crypto top movers pertama yang naik hingga 32,35% dalam waktu 24 jam per 13 Maret 2023. Kenaikan harga tersebut membuat SNX menyentuh harga tertingginya di angka Rp45.866. Lalu, mengapa hari ini harga SNX naik?

Dilansir dari BSC News, baru-baru ini Synthetix V3 mengembangkan lanskap perdagangan derivatif dengan berbagai Pools dan Vaults untuk stakers dan protokol untuk menjamin pasar derivatif baru. Fitur utama V3 meliputi Multi-Collateral Staking, Sistem yang Ramah Pengembang, dan kemampuan Cross-Chain.

Protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) Synthetix telah meluncurkan V3 di Ethereum Mainnet dan Optimism setelah audit keamanan oleh Open Zeppelin, Iosiro, dan Macro.  Perilisan Synthetix V3 akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang karena pengguna akan bertransisi dari Synthetix V2x ke Synthetix V3.

2. Optimism (OP)

Harga Optimism (OP) 24 Jam.
Harga Optimism (OP) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, harga Optimism (OP) telah mengalami kenaikan yang signifikan hingga 27,96% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat OP menyentuh harga tertingginya di Rp38.325 per 13 Maret 2023. Kira-kira mengapa harga OP naik hari ini?

Dilansir dari Bitcoinist, baru-baru ini tim yang mengembangkan Privacy Pool di Optimism (OP) menerapkan ketelitian tertinggi untuk memastikan keamanan platform mereka. Hal ini dimungkinkan melalui bukti zero-knowledge yang dapat mengidentifikasi aktivitas mencurigakan, seperti peretasan.

Verifikasi tambahan ini memungkinkan pengguna Privacy Pool untuk mendapatkan tingkat keamanan yang lebih tinggi ketika menggunakan layanan mereka sekaligus memaksimalkan privasi.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar NFT Bitcoin Diprediksi Bisa Capai $4,5 Miliar Tahun 2025, Kok Bisa?

3. Maker (MKR)

Harga Maker (MKR) 24 Jam 13/3/2023
Harga Maker (MKR) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Maker (MKR) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 26,65% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat MKR menyentuh harga tertingginya di Rp15.051.862 per 13 Maret 2023. Apa yang menyebabkan harga MKR naik hari ini?

Menurut The Defiant, potensi perubahan pada salah satu protokol tertua dan terbesar DeFi menimbulkan kekhawatiran di komunitas crypto. Salah satu aspek dari perombakan yang diusulkan MakerDAO akan memungkinkan pengguna untuk meminjam stablecoin DAI terhadap token tata kelola MKR. Pasalnya hal ini menarik perhatian investor crypto.

Maker merupakan protokol peminjaman terbesar di DeFi, dengan total nilai terkunci (TVL) lebih dari $6 miliar. Ini memungkinkan orang untuk mencetak stablecoin DAI terhadap aset crypto utama seperti Ethereum dan Bitcoin berbasis Ethereum.

4. Fetch.AI ( FET)

Harga Fetch.AI (FET) 24 Jam
Harga Fetch.AI (FET) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Menurut Market Pintu, Fetch.AI (FET) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 22,26% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat FET menyentuh harga tertingginya di Rp6.152 per 13 Maret 2023. Apa yang menyebabkan harga FET naik hari ini?

Dilansir dari Coingape, tim di belakang Fetch.AI baru-baru ini merilis roadmap yang menguraikan tonggak-tonggak utama yang ingin dicapai oleh proyek crypto ini pada akhir tahun.

Tujuan-tujuan ini mencakup berbagai domain, termasuk pengembangan dalam buku besar, AI, notifikasi, agen, dan dompet mereka. Menurut pengumuman resmi, fokus awal tim dimulai dengan merilis serangkaian agen mikro, cabang AI yang menjadi dasar Fetch.AI, dan mengintegrasikannya ke dalam dompet.

Roadmap Fetch.AI juga menampilkan serangkaian peningkatan yang direncanakan untuk dompet crypto mereka. Peningkatan ini termasuk dukungan untuk pesan grup, pemungutan suara pada proposal tata kelola, dukungan untuk koleksi NFT, dukungan AI, dan pengenalan utama dukungan dalam dompet untuk staking. Selain itu, ada juga rencana rilis versi Mobile dari dompet dengan dukungan Web 2 SSO.

Baca Juga: Pangsa Pasar Stablecoin Tether (USDT) Naik 54% ke Level Tertinggi Sejak Akhir 2021

5. Filecoin (FIL)

Harga Filecoin (FIL) 24 Jam.
Harga Filecoin (FIL) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dikutip dari Market Pintu, Filecoin (FIL) telah mengalami kenaikan harga yang signifikan hingga 21,51% dalam waktu 24 jam. Kenaikan tersebut membuat FIL menyentuh harga tertingginya di Rp94.801 per 13 Maret 2023. Apa yang menyebabkan harga FIL naik hari ini?

Filecoin (FIL) merupakan sebuah platform penyimpanan yang terdesentralisasi dan open-source. Filecoin adalah sebuah jaringan penyimpanan peer-to-peer di mana konsumen membayar untuk pengiriman data dan layanan penyimpanan. Ada 3 komponen dalam sistem Filecoin: pelanggan, penambang penyimpanan, dan penambang pengambilan.

Menurut Bitcoinisit, Filecoin telah mengumumkan tanggal rilis untuk Filecoin Ethereum Virtual Machine (FEVM), yang mana beriringan dengan naiknya harga FIL hari ini.

Filecoin menyatakan bahwa FEVM akan ditayangkan pada tanggal 14 Maret 2023. Penambahan ini akan sangat berdampak pada utilitas Filecoin (FIL) dengan memperkenalkan smart contract dan kemampuan pemrograman pengguna.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: