Market Didominasi Merah, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (17/3/24)?

author:

Market Didominasi Merah, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (17/3/24)?

Pasar crypto baru-baru ini mengalami naik turun yang signifikan, dengan peningkatan minat investor global diikuti oleh penurunan tiba-tiba pada hari Jumat (15/3) lalu. Sempat mengalami kenaikan pada Sabtu (16/3), pada hari ini, pasar crypto kembali didominasi oleh penurunan.

Bitcoin, sebagai cryptocurrency utama, mengalami penurunan dari puncak terbarunya, yakni 5,40% dalam waktu 24 jam terakhir, memicu kekhawatiran di kalangan investor.

Di tengah volatilitas ini, semua mata tertuju pada keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang akan datang dan pidato Ketua Fed Jerome Powell, yang dijadwalkan pada 20 Maret 2024.

Fokus Pasar Crypto pada FOMC & Pidato Jerome Powell

Dilansir dari Coingape (17/3/24), rilisan data inflasi baru-baru ini telah memicu spekulasi di sektor keuangan global, termasuk pasar crypto.

Baca juga: Harga Solana Melonjak: Siap Menuju $210 atau Terjun ke $180?

Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk bulan Februari 2024 melampaui ekspektasi, mencatat kenaikan 3,2%. Selain itu, Indeks Harga Produsen (PPI), pengukur inflasi lainnya, naik 1,6% dalam periode yang sama, meningkatkan kekhawatiran tentang tindakan Fed selanjutnya terkait suku bunga.

Data tersebut telah mempengaruhi sentimen pasar crypto, dengan investor sekarang mengantisipasi perubahan potensial dalam rencana pemotongan suku bunga Fed. Pasar kini bertaruh pada tiga pemotongan suku bunga pada tahun 2024, turun dari lima seperti yang sebelumnya diantisipasi.

Reaksi dan Antisipasi Pasar

Antisipasi seputar keputusan FOMC dan pidato Powell telah menyebabkan perdagangan yang hati-hati di pasar crypto. Investor bersiap untuk potensi volatilitas jangka pendek atau kondisi perdagangan yang tertahan menjelang acara tersebut.

Sumber: Pintu Market

Selain Bitcoin, saat penulisan, harga Ethereum (ETH) mengalami penurunan 5,31%, Solana (SOL) merosot 1,50%, Cardano (ADA) juga terjun bebas hingga 9,95%, dan Ripple (XRP) yang koreksi 5,73% dalam waktu 24 jam.

Namun, meskipun pendekatan hati-hati ini, optimisme tetap ada mengenai prospek jangka panjang pasar crypto. Faktor-faktor seperti halving Bitcoin yang akan datang dan peningkatan inflow ke ETF Bitcoin terus memicu sentimen bullish di kalangan investor.

Saat pasar menunggu pengumuman penting dari Federal Reserve, para trader mengadopsi pendekatan tunggu dan lihat. Meskipun fluktuasi jangka pendek mungkin terjadi, lintasan keseluruhan pasar crypto tetap positif.

Investor optimis tentang masa depan, mengandalkan ketahanan cryptocurrency di tengah dinamika ekonomi yang berkembang. Dengan demikian, dampak dari keputusan FOMC dan pidato Powell akan dipantau dengan cermat, dengan potensi implikasi untuk pasar tradisional maupun pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: