Menarik Perhatian, Cryptocurrency Mendominasi Investasi Fintech di Prancis dan Jerman!

author:

Menarik Perhatian, Cryptocurrency Mendominasi Investasi Fintech di Prancis dan Jerman!

Meski pasar fintech global mengalami penurunan, sektor crypto dan blockchain berhasil menonjol sebagai pemimpin investasi di beberapa pasar utama Eropa. Dua laporan terbaru menyoroti bagaimana bisnis crypto mendominasi investasi di beberapa negara besar Eropa, meskipun ada penurunan signifikan dalam investasi fintech secara keseluruhan.

Ketahanan Ctypyo di Tengah Penurunan Investasi Fintech

menghentikan pendanaan ilegal melalui crypto
Sumber: The Motley Fool

Menurut laporan “State of European FinTech” yang dirilis oleh Finch Capital yang berbasis di Amsterdam, wilayah EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika) mengalami penurunan investasi fintech sebesar 50% pada paruh pertama tahun 2023.

Baca juga: CPI AS Naik 3,7%, Harga Bitcoin Bertahan di Atas Rp400 Juta: Bagaimana Respon Pasar Crypto?

Total dana yang diperoleh turun dari $27,3 miliar pada H1 2022 menjadi $11,2 miliar pada H1 2023. Namun, bisnis crypto berhasil menonjol dengan mendapatkan posisi terdepan dalam investasi di beberapa pasar besar.

Di Inggris, sektor blockchain dan crypto mendapatkan 28% dari semua kesepakatan fintech pada H1 2023. Angka ini bahkan lebih tinggi di Belanda dengan 35%, sedangkan di Jerman dan Prancis, sektor crypto mendapatkan 27% dan 29% dari total investasi.

Sektor Pemberian Pinjaman: Saingan Utama Crypto

crypto mendominasi investasi fintech

Meskipun crypto mendominasi di beberapa negara, sektor pemberian pinjaman muncul sebagai pemimpin pasar di Irlandia dan wilayah EMEA secara keseluruhan dalam hal volume kesepakatan.

Namun, minat investor terhadap ekonomi digital tampaknya tetap kuat. Menurut laporan lain, 24% dari perusahaan manajemen aset telah mengadopsi strategi aset digital, dengan tambahan 13% berencana melakukannya dalam dua tahun ke depan.

Pertumbuhan Signifikan Beberapa Perusahaan Crypto

Meskipun ada kecenderungan bearish di fintech secara keseluruhan, beberapa perusahaan crypto melaporkan peningkatan pendapatan yang signifikan. Sebagai contoh, manajer aset digital Eropa, CoinShares, mengungkapkan total pendapatan sebesar 20,3 juta pound ($25,9 juta) pada Q2 2023, meningkat 33% dibandingkan dengan kuartal tahun sebelumnya.

Pada akhirnya, sektor crypto dan blockchain telah menunjukkan ketahanannya di tengah ketidakpastian pasar fintech. Dengan pertumbuhan yang signifikan di beberapa negara Eropa, sektor ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi investor dan pelaku industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: