Mengejutkan! Crypto Jadi Investasi Terpopuler Kedua di Prancis, Kalahkan Saham dan Obligasi!

Mengejutkan! Crypto Jadi Investasi Terpopuler Kedua di Prancis, Kalahkan Saham dan Obligasi!

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) mengungkapkan bahwa mata uang crypto kini menjadi aset investasi terpopuler kedua di Prancis, hanya kalah dari real estat. Fenomena ini menandakan pergeseran besar dalam preferensi investasi masyarakat Prancis. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Crypto Menduduki Posisi Kedua Setelah Real Estate

investasi crypto di prancis
Sumber: AMF Document

Menurut survei OECD, sekitar 9,4% populasi dewasa di Prancis kini memegang aset crypto, angka yang hampir menyamai popularitas dana real estat yang berada di angka 10,7%. Selain itu, sekitar 2,8% responden memiliki token non-fungible (NFT), menunjukkan keanekaragaman kepemilikan aset digital di kalangan masyarakat Prancis.

Survei ini juga menyoroti kelompok “investor baru” yang mulai berinvestasi sejak pandemi COVID-19 dimulai pada Maret 2020. Kelompok ini didominasi oleh pria (64%) dan secara signifikan lebih muda dibandingkan investor tradisional, dengan usia rata-rata 36 tahun dibandingkan 51 tahun untuk yang terakhir. Dalam kategori ini, 54% memegang aset crypto.

Baca Juga: Lebih Santuy, Prancis Beri Perusahaan Crypto Waktu Untuk Menyesuaikan Regulasi

Kekhawatiran atas Pengetahuan Finansial

Meskipun ada peningkatan minat yang signifikan terhadap crypto, survei tersebut mengungkapkan kekhawatiran tentang tingkat pengetahuan finansial di antara investor individu baru ini, terutama di kelompok usia 18-24 tahun. Mereka lebih cenderung memberikan jawaban yang salah tentang dasar-dasar strategi investasi dibandingkan dengan investor tradisional.

Prancis secara aktif menempatkan dirinya sebagai pemimpin dalam ekonomi digital dan inovasi. Pada bulan September, grup telekomunikasi Iliad mengungkapkan investasi sebesar 100 juta euro ($106 juta) untuk pendirian laboratorium keunggulan yang didedikasikan untuk penelitian kecerdasan buatan di Paris. Bulan ini, Institut Aset Crypto pertama dibuka di distrik bisnis luar Paris.

Baca Juga: Prancis Mengeluarkan Undang-undang Baru untuk Game Crypto!

Masa Depan Crypto di Prancis

masa depan crypto prancis
Sumber: Euronews

Dengan dukungan dari regulator keuangan utama Prancis, Autorité des Marchés Financiers, dan pembukaan Institut Aset Crypto, Prancis menunjukkan dukungan yang kuat terhadap industri crypto dan blockchain. Langkah-langkah ini menandakan upaya negara untuk berkontribusi pada lanskap aset digital yang berkembang.

Prancis juga telah mengadopsi regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA), menunjukkan sikap mendukung terhadap industri crypto. Dengan meningkatnya minat publik dan dukungan institusional, seperti yang ditunjukkan oleh Institut Aset Crypto, Prancis sedang membentuk gambaran baru tentang lanskap aset digital yang berkembang di negara tersebut.

Kenaikan popularitas crypto sebagai aset investasi di Prancis menandakan perubahan signifikan dalam pola investasi masyarakat. Dengan dukungan pemerintah dan inisiatif baru, masa depan crypto di Prancis tampak cerah dan penuh potensi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: