Selagi Harga Bitcoin dan ETH Melemah Hari Ini (23/8/23), Satu Altcoin Malah Melonjak 10%!

author:

Selagi Harga Bitcoin dan ETH Melemah Hari Ini (23/8/23), Satu Altcoin Malah Melonjak 10%!

Dalam dunia yang serba digital, fluktuasi harga cryptocurrency menjadi sorotan utama bagi investor dan pemerhati pasar. Hari ini (23/8/23), kita menyaksikan beberapa pergerakan menarik dalam pasar crypto yang mencerminkan dinamika dan sentimen yang sedang berlangsung.

Di antara harga aset crypto yang melemah dan merah hari ini, Bitcoin dan Ethereum hadir di dalamnya. Sementara itu, terdapat satu altcoin yang harganya menguat dan melonjak. Mari kita telusuri lebih lanjut perkembangan harga-harga cryptocurrency terkini dan apa yang mungkin menjadi pemicunya.

Harga SUI Naik 10,94% dalam Waktu 24 Jam

harga sui hari ini
Sumber: Pintu Market

Dilansir dari Pintu market (23/8/23), SUI tercatat mengalami kenaikan harga 10,94% dalam waktu 24 jam dan memimpin reli kenaikan crypto saat ini. SUI sempat menyentuh harga terendahnya di Rp7.813 dan harga tertingginya di Rp8.783.

Pada hari ini, CoinMarketCap mencatat bahwa kapitalisasi pasar Sui mengalami kenaikan 10,35% menjadi $410 juta, dengan volume perdagangan yang juga mengalami lonjakan yang cukup signifikan, yakni 74,78% menjadi $243 juta dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Sui Network (SUI) Capai Pertumbuhan Eksplosif dengan 1 Juta Alamat Aktif!

Meski belum bisa dipastikan alasan yang melatarbelakangi kenaikan harga ini, namun kenaikan harga SUI terjadi setelah Mysten Labs dan Sui Foundation memutuskan untuk memperpanjang acara Bullshark Quest 2 hingga 6 September 2023, menawarkan kepada para peserta kesempatan selama 8 hari untuk membenamkan diri mereka lebih jauh dalam DeFi dApps dan terlibat secara mendalam dengan lanskap yang terus berkembang.

Mengutip laporan Coincu News, acara Quest 2 menampilkan dua pool hadiah SUI, memberikan 5.000 peserta teratas di pool 1 bagian dari 2,5 juta token SUI, sementara peserta yang memenuhi syarat lainnya secara kolektif akan berbagi jumlah yang sama di pool 2. Perpanjangan ini mengikuti awal yang sukses pada tanggal 28 Juli 2023, dengan total 5 juta token SUI yang telah didistribusikan.

Harga Bitcoin (BTC) Melemah 0,24% dalam Waktu 24 Jam

harga bitcoin melemah
Sumber: Pintu Market

Sementara harga SUI menguat, laman Pintu Market hari ini (23/8/23) mencatat bahwa harga BTC mengalami penurunan tipis 0,24% dalam waktu 24 jam. BTC sempat menyentuh harga tertingginya di Rp401 juta dan harga terendahnya di Rp392 juta.

Menurut data dari CoinMarketCap, kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini tengah mengalami koreksi 0,07% menjadi $506 miliar, dengan volume perdagangan yang naik 15,26% menjadi $15 miliar dalam waktu 24 jam terakhir.

Meski belum diketahui secara pasti alasan dibalik melemahnya harga BTC hari ini, laporan AMB Crypto melaporkan bahwa seorang analis membandingkan harga realisasi pemegang jangka pendek BTC pada siklus harga 2019-2020 dan siklus harga saat ini dan menemukan bahwa ketika harga realisasi pemegang jangka pendek turun di bawah harga pasar pada siklus sebelumnya, “kerugian maksimum yang dikenakan pada pemegang jangka pendek 1-6 bulan sekitar 40-45%”. Telusuri selengkapnya di Kenapa Harga Bitcoin Anjlok (22/8)? Rahasia Dibalik Penurunan Harga Terbaru!

Harga Ethereum (ETH) Menurun 2,11% dalam Waktu 24 Jam

Selain pergerakan harga BTC yang menarik perhatian, hari ini Pintu Market juga mencatat bahwa harga Ethereum mengalami koreksi 2,11% dalam waktu 24 jam. ETH sempat menyentuh harga tertingginya di Rp25 juta dan harga terendahnya di Rp24 juta.

Baca juga: Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Sementara itu, data dari CoinMarketCap hari ini (23/8/23) menunjukkan kapitalisasi pasar Ethereum yang juga alami koreksi 0,07% menjadi $507 miliar, dengan volume perdagangan yang naik 15,26% menjadi $15 miliar dalam waktu 24 jam terakhir.

Meski belum bisa dipastikan alasan menurunnya harga ETH, seorang jurnalik AMB Crypto, Dipayan Mitra, melaporkan bahwa faktor di balik tren penurunan ETH mungkin bukan karena berkurangnya aktivitas jaringan. Hal ini dikarenakan ketika alamat aktif ETH menurun, Layer-2 seperti Base, Optimism (OP), dan rollup mendapatkan popularitas.

Lebih lanjut, alasan utama di balik pelaku pasar yang beralih ke L2 adalah karena mereka menawarkan lebih banyak skalabilitas. Sebagai referensi, L2 Base Coinbase menjembatani $251 juta, dengan ETH menyumbang $ 155 juta dari total keseluruhan dalam beberapa hari setelah peluncuran.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: