Crypto Dicuri Senilai $674 Juta Berhasil Dipulihkan di Tahun 2023!

Crypto Dicuri Senilai $674 Juta Berhasil Dipulihkan di Tahun 2023!

Cryptocurrency telah menjadi target utama para peretas dan penipu dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kabar baik datang di tahun 2023, di mana lebih dari $674 juta crypto berhasil dipulihkan dari lebih dari 600 peretasan berskala besar. Jumlah ini setara dengan 25% dari total crypto yang dicuri, menandai peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Simak berita lengkapnya disini!

Penurunan Kerugian yang Signifikan

Total kerugian akibat peretasan dan penipuan crypto di tahun 2023 mencapai sekitar $2,61 miliar, turun 27,78% dibandingkan tahun 2022. Penurunan ini menunjukkan peningkatan keamanan dalam ekosistem cryptocurrency dan upaya yang lebih efektif dalam mencegah dan menanggulangi kejahatan siber.

Pemulihan lebih dari $674 juta crypto yang dicuri merupakan hasil dari berbagai upaya, termasuk negosiasi aktif dengan peretas, peningkatan program bug bounty, dan kerja sama dengan bursa terpusat, Tether, serta lembaga penegak hukum. Negosiasi dengan peretas dan investigasi on-chain terbukti efektif dalam meningkatkan keamanan dan memulihkan aset yang hilang.

Baca Juga: Prediksi Cardano Februari 2024: Harga ADA Siap Meroket 36%, Ini Analisa dari Para Ahli!

Kerentanan DeFi dan Serangan Flash Loan

kerentanan defi
Sumber: Akun X PeckShieldAlert

Meskipun terjadi penurunan kerugian secara keseluruhan, DeFi (Decentralized Finance) tetap menjadi target utama peretas dan penipu. Sekitar 67% dari kerugian di tahun 2023 terjadi dalam ruang DeFi, dengan 40% di antaranya disebabkan oleh serangan flash loan. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan keamanan dan pengawasan yang lebih ketat dalam sektor DeFi.

Para pelaku kejahatan siber juga telah mendiversifikasi aset crypto yang mereka targetkan. Dari tahun 2018 hingga 2021, Bitcoin (BTC) mendominasi volume perdagangan untuk transaksi ilegal. Namun, pada tahun 2022 dan 2023, stablecoin mulai mengambil porsi yang lebih besar dalam volume transaksi ilegal. Hal ini menunjukkan perlunya kewaspadaan yang lebih tinggi terhadap berbagai jenis aset crypto.

Kesimpulan

Tahun 2023 menjadi tahun yang positif dalam hal keamanan blockchain, dengan penurunan kerugian akibat peretasan dan penipuan crypto. Pemulihan lebih dari $674 juta crypto yang dicuri menunjukkan peningkatan efektivitas dalam menanggulangi kejahatan siber.

Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam mengamankan sektor DeFi dan mengatasi kerentanan terhadap serangan flash loan. Dengan terus meningkatkan keamanan dan bekerja sama dengan berbagai pihak, ekosistem cryptocurrency dapat menjadi lebih aman dan terpercaya bagi para pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi