Crypto: Ancaman atau Janji? Menilik Potensi AI dalam Dunia Kerja

Crypto: Ancaman atau Janji? Menilik Potensi AI dalam Dunia Kerja

Jakarta, Pintu News – Kamu mungkin telah mendengar tentang kecanggihan artificial intelligence (AI) dan bagaimana teknologi ini dapat mengubah segalanya, termasuk cara kita bekerja. Namun, sebagaimana diungkapkan dalam artikel dari Cointelegraph, ada pandangan yang menarik tentang potensi ancaman dan janji yang dibawa oleh AI dalam konteks dunia kerja. Mari kita telaah lebih dalam.

AI dalam Persaingan: Ancaman atau Peluang?

AI telah menjadi subjek perdebatan yang hangat, dengan banyak ahli yang bertanya-tanya apakah teknologi ini akan menjadi ancaman bagi pekerjaan manusia ataukah membawa peluang baru yang belum terpikirkan sebelumnya.

Baca Juga: Solana: Menuju Posisi Ketiga Crypto Terbesar, Didukung Meme Coin dan DEX

Sebagaimana disampaikan oleh David Brin dalam artikelnya, meskipun AI memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, namun kita juga perlu mempertimbangkan implikasi jangka panjangnya terhadap lapangan kerja yang ada.

Ancaman terhadap Pekerjaan Konvensional

crypto ai
Generated by AI

Pertanyaan besar yang muncul adalah apakah kemajuan AI akan menyebabkan pengurangan drastis dalam lapangan kerja konvensional. Ada kekhawatiran bahwa dengan kemampuan AI yang semakin canggih, pekerjaan-pekerjaan rutin dan berulang dapat digantikan oleh sistem otomatis, meninggalkan banyak pekerja tradisional kehilangan mata pencaharian.

Namun demikian, Brin juga menyoroti bahwa sejarah menunjukkan bahwa teknologi seringkali menciptakan pekerjaan baru seiring dengan menggantikan yang lama. Dengan demikian, sementara ada ancaman terhadap jenis pekerjaan tertentu, kita juga dapat melihat potensi untuk menciptakan lapangan kerja baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi AI.

Kesimpulan

Dalam memandang potensi artificial intelligence dalam dunia kerja, penting untuk mengakui baik ancaman maupun janji yang dibawanya. Dengan memperhatikan tantangan dan peluang yang ada, kita dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk menghadapi masa depan yang semakin terhubung dan terotomatisasi.

Oleh karena itu, sementara AI mungkin membawa perubahan yang signifikan, kita dapat mengambil peran aktif dalam membentuk arah yang diambil oleh teknologi ini dalam menciptakan dunia kerja yang lebih baik.

Baca Juga: Dampak Klaim Pengangguran AS terhadap Harga Bitcoin yang Capai $61K

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: