Token Crypto AI Reli Gila-gilaan Karena Model Baru ChatGPT “GPT-4”?

author:

Token Crypto AI Reli Gila-gilaan Karena Model Baru ChatGPT “GPT-4”?

Per 15 Maret 2023, banyak aset crypto tercatat naik dan menghijau. Dari kenaikan yang terjadi kemarin, uniknya, beberapa crypto AI juga mengalami lonjakan yang sangat signifikan, bahkan mengalahkan crypto besar seperti BTC dan ETH yang naik sekitar 1,59%.

Bukan tanpa alasan, Bein Crypto (15/3/23) melaporkan bahwa melonjaknya harga crypto AI kemarin terjadi setelah pengumuman peluncuran GPT-4, sebuah model baru untuk ChatGPT yang diklaim membawa beberapa peningkatan.

Yang membuat penasaran,

Apa hubungannya model baru ChatGPT dengan kenaikan harga crypto AI? Simak selengkapnya di bawah ini!

OpenAI Resmi Merilis GPT-4

Sejak peluncurannya di akhir tahun 2022, ChatGPT terus mendominasi ruang teknologi AI, dengan OpenAI yang mengumumkan bahwa mereka telah merilis GPT-4.

Perusahaan startup ini menyatakan bahwa GPT-4 akan lebih mumpuni daripada pendahulunya GPT-3.5, karena menawarkan keandalan, kreativitas, serta penanganan instruksi yang lebih baik.

OpenAI Merilis GPT-4
Sumber: Twitter

Dibagikan langsung oleh akun Twitter resminya pada 15 Maret 2023, GPT-4 diklam menawarkan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk memahami gambar.

Sebagai contoh, pengguna dapat mengirimkan gambar yang berisi beberapa bahan (makanan), dan AI akan merespon dengan menyarankan hidangan makanan apa yang dapat dibuat. Tidak hanya itu, ChatGPT juga akan memiliki “memori yang lebih baik”, dan dapat memproses hingga 25.000 kata.

Baca juga: Aset Crypto AI Terus Melonjak, Nilai Market Capai $4 Miliar!

Mengutip dari Bein Crypto, OpenAI telah menjadi perbincangan di dunia teknologi dari sebelum dan sesudah Microsoft menginvestasikan $10 miliar atau setara Rp154 triliun. Bahkan, banyak perusahaan saingan yang mulai membuat proyek AI mereka sendiri, seperti Meta.

Lebih lanjut, AI terus meningkat kemampuannya selama bertahun-tahun, namun tahun 2023 akan menjadi salah satu tahun yang paling penting karena industri crypto telah menaruh minat kepada hal ini, dengan beberapa pertumbuhan yang terjadi pada aset crypto AI sejak awal tahun.

Crypto AI Meroket Hingga 34%

Dilansir dari Bitcoin News (15/3/23), sejak dirilisnya GPT-4 oleh OpenAI, token-token yang berpusat pada AI terlihat mendapatkan dampak positif dari hype produk tersebut.

Per 15 Maret 2023, statistik pasar dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa 74 aset crypto berkonsep kecerdasan buatan (AI) yang terdaftar bernilai $3,9 miliar atau Rp60 triliun.

Crypto AI yang naik pada 15 Maret 2023 – Sumber: CoinMarketCap

Tercatat di CoinMarketCap (15/3/23), 7 crypto AI mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan. Menurut data di atas, GRT, ROSE, FET, dan OCEAN terlihat naik belasan persen. Sementara itu, RNDR, INJ, dan AGIX mengalami lonjakan signifikan dengan 27,68%, 34,27%, dan 34,28% dalam waktu 24 jam.

Selain itu, baru-baru kehadiran artificial inteligence (AI) dan machine learning (ML), dilaporkan dapat membuat industri NFT mampu mendeteksi ancaman keamanan serta memberi pengguna pengalaman yang aman.

Penasaran dengan laporan tersebut? Cari tau selengkapnya di AI Makin Diandalkan! Teknologi AI Dinilai Hadirkan Keamanan & Transparansi ke Pasar NFT.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: