Sektor Pasar Crypto AI dan Big Data Meningkat Lebih dari 300% di Tahun 2023

author:

Sektor Pasar Crypto AI dan Big Data Meningkat Lebih dari 300% di Tahun 2023

Pertumbuhan luar biasa telah terjadi di dunia crypto dengan penggabungan kecerdasan buatan (AI) dan “Big Data”. Sektor dinamis ini telah mencapai posisi di antara 10 industri teratas yang mengalami pertumbuhan kapitalisasi pasar yang luar biasa tahun ini.

Dengan menggunakan algoritma canggih dan teknik pembelajaran mesin untuk menganalisis set data besar, sektor AI dan Big Data telah merevolusi cara data diproses dan digunakan, memberikan dorongan substansial pada efisiensi dan inovasi di berbagai sektor.

Pertumbuhan Luar Biasa Sektor AI dan Big Data

pertumbuhan sektor ai dan big data
AI & Big Data berada di peringkat ke-2 dengan kapitalisasi pasar sebesar $4,6 miliar – Sumber: CoinMarketCap

Laporan baru yang mengambil data dari CoinMarketCap menunjukkan bahwa sektor AI dan Big Data telah menunjukkan tingkat pertumbuhan yang mencengangkan sebesar 323%. Dengan angka yang mengesankan ini, sektor ini memperkuat posisinya sebagai pelopor di pasar crypto, menetapkan preseden bagi sektor lain.

Baca juga: Apple Kembangkan Chatbot AI Baru, Siap Saingi ChatGPT dari OpenAI?

Di antara banyak sektor yang berkembang pesat dalam ruang crypto, sektor Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) menonjol sebagai juara pertumbuhan sebenarnya. Mengalami lonjakan yang luar biasa, sektor ini menyaksikan pertumbuhan kapitalisasi pasar yang mengesankan sebesar 704% selama paruh pertama 2023, dengan mantap mengamankan posisinya di puncak.

Mengikuti dekat di belakang sektor VR/AR, sektor AI dan Big Data telah dengan cepat muncul sebagai pemain penting di pasar crypto. Pada tahun 2023, sektor ini, didorong sebagian oleh pengenalan ChatGPT oleh OpenAI, telah mendapatkan perhatian yang signifikan, mendorongnya menjadi salah satu sektor yang paling banyak diperhatikan.

Revolusi AI: Mengubah Lanskap Crypto

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan AI telah tidak kurang dari luar biasa, dan potensi transformatifnya meluas ke berbagai industri, termasuk dunia crypto. Teknologi terobosan ini dilihat sebagai perubahan permainan, mampu membentuk kembali lanskap keuangan dan sosial, dengan keuangan desentralisasi (DeFi) menjadi salah satu perbatasannya yang paling menjanjikan.

Sebagai hasilnya, banyak proyek crypto sekarang mengintegrasikan AI untuk membuka kemungkinan baru dan membuka jalan bagi solusi inovatif. Salah satu katalis terbesar yang mendorong minat dalam AI dalam komunitas crypto dan di luar adalah adopsi luas dari ChatGPT.

Model bahasa revolusioner ini, yang diperkenalkan tidak lama lalu, telah menangkap imajinasi investor crypto dan individu di luar komunitas. Kehadirannya yang tiba-tiba telah memicu rasa ingin tahu, menyoroti potensi besar teknologi AI dalam berbagai aplikasi.

Baca juga: Ledakan Pasar Token Bot Telegram, Harga Unibot Naik 400% dalam 1 Bulan!

Pengaruh ChatGPT OpenAI pada Narasi AI

Sektor AI dan Big Data telah muncul sebagai pendatang baru di antara sektor yang paling banyak dilihat pada tahun 2023, terutama didorong oleh peluncuran ChatGPT oleh OpenAI. Pengenalan ChatGPT telah lebih jauh mendorong narasi AI, dengan pengenalan teknologi ini pada Q1 2023 memicu lonjakan minat dan diskusi seputar AI dalam pasar crypto.

Bulan Juni 2023 terbukti menjadi bulan yang signifikan untuk AI dan Big Data, karena mengalami peningkatan kembali minat yang substansial setelah penurunan pada Februari dan Maret. SingularityNET (AGIX) dan Fetch.ai (FET) muncul sebagai token yang paling banyak dilihat dalam sektor ini, memantul hampir 40% dari titik terendah pertengahan Juni 2023.

Menariknya, crypto AI melonjak pada minggu terakhir setelah Elon Musk meluncurkan pesaing ChatGPT, xAI. Dengan kedatangan teknologi seperti ChatGPT yang memicu rasa ingin tahu dan mendorong inovasi, persimpangan AI dan crypto diatur untuk menciptakan lanskap keuangan yang lebih inklusif, efisien, dan aman untuk dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: