CPI AS Diluar Dugaan, Harga Bitcoin Naik! Akankah The Fed Menahan Kenaikan Suku Bunga?

CPI AS Diluar Dugaan, Harga Bitcoin Naik! Akankah The Fed Menahan Kenaikan Suku Bunga?

Consumer Price Index (CPI) AS pada Mei 2023 mengejutkan pasar hanya dengan naik 0,1%, lebih rendah dari perkiraan. Sementara itu, harga Bitcoin mengalami peningkatan. Hal ini menimbulkan spekulasi tentang hasil pertemuan kebijakan moneter The Fed. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lebih Rendah dari Perkiraan, CPI AS Naik 0,1%

cpi naik 0,1%
Sumber: BeInCrypto

Pada Mei 2023, CPI AS hanya naik 0,1%, lebih rendah dari perkiraan para ekonom yang sebesar 0,2%. Ini menandai penurunan dibandingkan bulan April yang mencapai 0,4%. CPI tahunan melambat menjadi 4,0% pada Mei dari 4,9% pada April, meski perkiraannya adalah 4,1%.

Seiring dengan perlambatan inflasi, harga Bitcoin menunjukkan peningkatan. Kenaikan ini terjadi di tengah meningkatnya minat investor terhadap aset digital dan volatilitas ekonomi global.

Meski Bitcoin dikenal karena fluktuasi harga yang ekstrim, peningkatan ini cukup signifikan dan telah menarik perhatian investor dan analis.

Selain itu, ini menunjukkan bagaimana pasar cryptocurrency dapat merespons dinamika ekonomi makro dan membuktikan relevansi Bitcoin dalam konteks ekonomi yang lebih luas.

Baca Juga: Baru! Federal Reserve AS Integrasikan FedNow dengan Metal Blockchain untuk Pembayaran Instan

Hubungan Antara Inflasi dan Bitcoin

cpi mom as
CPI Inti MoM AS Sebagian Besar Flat. Sumber: TradingEconomics

Hubungan antara inflasi dan harga Bitcoin adalah subjek yang sering diperdebatkan. Sementara beberapa analis melihat Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap inflasi, yang lain melihatnya sebagai aset spekulatif yang reaksinya terhadap perubahan ekonomi tidak dapat diprediksi.

Meskipun debat ini berlanjut, lonjakan harga Bitcoin di tengah inflasi yang melambat menggarisbawahi keterkaitan potensial antara keduanya. Kondisi ini menunjukkan bagaimana pasar mata uang digital dapat merespons dan beradaptasi dengan perubahan ekonomi makro.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: