Cosmos Hub: Potongan Inflasi ATOM Menjadi 10% Berikan Perubahan Besar!

Cosmos Hub: Potongan Inflasi ATOM Menjadi 10% Berikan Perubahan Besar!

Dalam sebuah keputusan yang mengejutkan, badan pengatur Cosmos Hub telah menyetujui proposal untuk mengurangi tingkat inflasi maksimum dari token aslinya, Cosmos (ATOM), dari 14% menjadi 10%. Keputusan ini diambil setelah pemungutan suara yang sengit dan berakhir dengan kemenangan tipis.

Perubahan Inflasi ATOM

Proposal ini berhasil lolos dengan selisih suara yang tipis, yaitu 41,1% suara mendukung dan 38,5% suara menentang. Hingga detik-detik terakhir, proposal ini diperkirakan akan gagal, namun arus suara terakhir dan beberapa pembalikan dari validator berhasil mengubah hasil akhir.

Menurut proposal tersebut, perubahan yang disetujui ini akan mengurangi hasil staking ATOM tahunan dari sekitar 19% menjadi sekitar 13,4%. ATOM digunakan untuk staking, tata kelola, dan biaya transaksi dalam jaringan Cosmos.

Baca Juga: Prediksi Harga Cosmos (ATOM) 2023, 2025, 2030: Siap Meroket Hingga 1787%?

Dalam proposal tersebut, disebutkan bahwa tingkat inflasi ATOM yang tinggi telah menyebabkan Cosmos Hub menghabiskan terlalu banyak dana untuk keamanan. Proposal ini juga berpendapat bahwa validator masih bisa mencapai titik impas atau keuntungan meski inflasi diturunkan menjadi 10%.

Reaksi dari Validator

cosmos validator
Mintscan

Zero Knowledge Validator, entitas dengan suara terbanyak yang mendukung proposal ini, memberikan alasan dukungannya di X (sebelumnya Twitter).

Dalam sebuah postingan, mereka menegaskan, “Inflasi 2 digit tidak perlu untuk keamanan, merusak harga Atom dalam jangka panjang, dan menghambat penggunaan ATOM di DeFi dan area lainnya dalam Zona Ekonomi Atom.” Namun, tidak semua pihak setuju dengan perubahan ini.

AllNodes, salah satu validator, memberikan suara penentangan terbesar. Mereka berpendapat bahwa perubahan ini bisa berdampak negatif pada validator kecil.

AllNodes menyebut proposal ini sebagai “ide yang tiba-tiba, berpandangan pendek, dan kurang penelitian yang bisa menciptakan kekacauan pada ritel dan bisnis yang terlibat dalam membangun, perdagangan, dan validasi Atom.”

Perubahan Terbaru di Cosmos Hub

Baru-baru ini, Cosmos Hub telah melakukan upgrade untuk meluncurkan modul staking likuid, yang memungkinkan pengguna untuk melewati periode unbonding 21 hari sebelumnya dengan men-stake dana ATOM.

Sebelum upgrade ini, pemegang ATOM memiliki periode penguncian 21 hari untuk memindahkan dana mereka setelah unstaking token. Dengan modul baru ini, ATOM yang di-stake dapat digunakan dalam ekosistem keuangan desentralisasi Cosmos tanpa mengorbankan hasil dari staking.

Paragraf Penutup

Perubahan ini tentunya akan membawa dampak signifikan bagi ekosistem Cosmos dan pengguna ATOM. Meski ada perdebatan tentang manfaat dan kerugian dari pengurangan inflasi ini, yang jelas adalah bahwa Cosmos Hub terus berinovasi dan beradaptasi dengan dinamika pasar crypto yang selalu berubah.

Baca Juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi