Cosmos Hub Luncurkan Liquid Staking Module: Apa Dampaknya bagi Ekosistem DeFi?

Cosmos Hub Luncurkan Liquid Staking Module: Apa Dampaknya bagi Ekosistem DeFi?

Cosmos Hub, bagian dari Cosmos Network, baru-baru ini ditingkatkan dengan peluncuran modul liquid staking. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses dana ATOM mereka tanpa harus menunggu periode unbonding selama 21 hari, memberikan fleksibilitas lebih dalam ekosistem DeFi Cosmos. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fitur Utama dari Liquid Staking

liquid staking module cosmos
Sumber: Akun Twitter Cosmos Hub

Dilansir dari Cointelegraph, sebelum pembaruan, pemegang ATOM harus menunggu selama 21 hari untuk memindahkan dana mereka setelah proses unstaking. Namun, dengan modul baru ini, ATOM yang di-stake dapat digunakan dalam ekosistem DeFi Cosmos tanpa mengorbankan hasil dari staking.

Proses staking melibatkan pengguna yang menyimpan token mereka untuk memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan blockchain. Sebagai imbalannya, mereka menerima hadiah, mirip dengan mendapatkan bunga dari rekening tabungan.

Baca Juga: Prediksi Harga Cosmos (ATOM) 2023, 2025, 2030: Siap Meroket Hingga 1787%?

Dampak bagi Ekosistem DeFi Cosmos

ekosistem defi cosmos

Dengan peluncuran modul liquid staking, lebih dari $1 miliar ATOM yang di-stake dapat dikerahkan sebagai modal di protokol DeFi dalam ekosistem Cosmos.

LSM, atau Liquid Staking Module, membatasi jumlah total ATOM yang dapat di-stake secara cair hingga 25% dari semua ATOM yang di-stake. Namun, batasan ini dapat dinaikkan atau diturunkan di masa depan melalui pemungutan suara tata kelola.

Baca Juga: Revolusi Baru di Dunia Crypto, dYdX Luncurkan Buku Pesanan Terdesentralisasi di Cosmos!

Keamanan dan Risiko Liquid Staking

Untuk memitigasi risiko liquid staking, Cosmos Hub telah membatasi jumlah total ATOM yang dapat di-stake secara cair hingga 25% dari semua ATOM yang di-stake. Selain itu, LSM memperkenalkan parameter yang dikendalikan oleh tata kelola.

Sebagai fitur keamanan tambahan, validator yang ingin menerima delegasi dari penyedia liquid staking akan diminta untuk mengikat sejumlah ATOM sendiri.

Pembaruan dari Cosmos Hub menandai langkah besar dalam evolusi ekosistem DeFi. Dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh modul liquid staking, pengguna memiliki lebih banyak pilihan dalam mengelola dan memaksimalkan aset mereka di dalam ekosistem.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: