Core Scientific Gandeng CoreWeave, Diversifikasi Pendapatan Jelang Halving Bitcoin!

Core Scientific Gandeng CoreWeave, Diversifikasi Pendapatan Jelang Halving Bitcoin!

Perusahaan penambangan Bitcoin, Core Scientific, tengah bersiap menghadapi peristiwa halving Bitcoin yang akan datang dengan melakukan diversifikasi sumber pendapatan. Perusahaan tersebut baru saja menandatangani kesepakatan dengan perusahaan rintisan kecerdasan buatan (AI), CoreWeave, untuk menyediakan layanan pusat data dengan potensi pendapatan lebih dari $100 juta. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Core Scientific Gandeng CoreWeave

Core Scientific menyewakan pusat data Tier 3 di Austin, Texas, yang sebelumnya menampung Hewlett Packard, untuk menjadi tuan rumah bagi infrastruktur CoreWeave. Berdasarkan ketentuan kontrak, perusahaan penambangan tersebut akan menyediakan kapasitas hingga 16 megawatt di pusat data Austin yang baru, memperluas bisnisnya untuk mencakup komputasi berkinerja tinggi (HPC).

CoreWeave adalah perusahaan komputasi awan AI yang didukung oleh perusahaan keuangan besar Wall Street, termasuk Jane Street, J.P. Morgan Asset Management, dan Fidelity. Perusahaan rintisan ini menawarkan infrastruktur untuk kasus penggunaan intensif komputasi, seperti pembelajaran mesin. Pada akhir Desember 2023, perusahaan tersebut memiliki valuasi sebesar $7 miliar.

“Pusat data baru kami di Austin akan mendukung kebutuhan jangka pendek CoreWeave sekaligus memperluas dan mendiversifikasi portofolio pelanggan hosting Core Scientific di dua kategori komputasi bernilai tinggi: penambangan Bitcoin dan komputasi awan GPU khusus,” kata CEO Core Scientific, Adam Sullivan, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Adam Sullivan, CEO Baru Core Scientific, Siap Bawa Perusahaan ke Fase Pertumbuhan Berikutnya!

Menjelang Halving Bitcoin

Ekspansi penawaran layanan Core Scientific ini dilakukan hanya beberapa minggu menjelang peristiwa halving Bitcoin, yang akan memangkas pendapatan hadiah blok Bitcoin hingga setengahnya. Halving Bitcoin tahun 2024 – yang mengikuti halving sebelumnya pada tahun 2020, 2016, dan 2012 – akan menyebabkan hadiah blok untuk penambang berkurang dari 6,25 BTC per blok saat ini menjadi 3,125 BTC per blok.

biaya bitcoin mining
Biaya produksi rata-rata per Bitcoin setelah dibagi dua di seluruh penambang. Sumber: CoinShares

Tujuan dari halving ini adalah untuk mengendalikan inflasi Bitcoin, mengurangi pasokan koin baru dari waktu ke waktu. Meskipun penambang akan mengalami pengurangan pendapatan yang cukup besar, biaya yang terkait dengan aktivitas tersebut kemungkinan akan meningkat. Menurut analisis dari CoinShares, biaya listrik per Bitcoin sebelum dan sesudah halving masing-masing mewakili sekitar 68% dan 71% dari total struktur biaya penambang.

Biaya produksi rata-rata pasca-halving untuk penambang kripto diproyeksikan sebesar $37.856. Pada tahun 2023, Core Scientific menjadi perusahaan penambangan kripto publik terbesar di Amerika Utara setelah menambang 19.274 BTC, senilai $812 juta.

Perusahaan penambangan tersebut baru-baru ini keluar dari kebangkrutan di bawah Bab 11 di Amerika Serikat setelah proses restrukturisasi selama 13 bulan untuk menyelesaikan utang sebesar $400 juta yang disebabkan oleh penurunan harga BTC, kenaikan biaya energi, dan utang yang terkait dengan Celsius Network yang bangkrut.

Baca Juga: Core Scientific Bangkit dari Kebangkrutan? Ini Strateginya!

Strategi Perusahaan Penambangan Bitcoin

Selain Core Scientific, perusahaan penambangan Bitcoin lainnya juga melakukan berbagai strategi untuk menghadapi halving Bitcoin. Hut 8 Mining Corp., misalnya, mengumumkan akan menutup fasilitas penambangannya di Drumheller, Alberta, Kanada.

Penutupan ini dilakukan karena fasilitas tersebut memiliki armada penambangan yang sudah tua dan biaya energi yang tinggi. Perusahaan penambangan Bitcoin lainnya, Hive Blockchain Technologies, melakukan rebranding yang terinspirasi AI pada bulan Juli 2022 sebagai bagian dari pivot ke komputasi berkinerja tinggi. Perusahaan sejenis lainnya, Hut 8 dan Iris Energy, juga tahun lalu menunjuk segmen tersebut sebagai prioritas.

Kesimpulan

Peristiwa halving Bitcoin yang akan datang menjadi tantangan bagi perusahaan penambangan Bitcoin. Untuk menghadapinya, perusahaan-perusahaan tersebut melakukan berbagai strategi, seperti diversifikasi sumber pendapatan, peningkatan efisiensi, dan pengurangan biaya. Dengan demikian, perusahaan penambangan Bitcoin dapat bertahan dan terus beroperasi meskipun menghadapi tantangan halving Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi