ConsenSys Rilis Alat Keamanan Otomatis ‘Diligence Fuzzing’ untuk Smart Contract!

ConsenSys Rilis Alat Keamanan Otomatis ‘Diligence Fuzzing’ untuk Smart Contract!

ConsenSys, pengembang Ethereum, telah merilis ‘Diligence Fuzzing’, sebuah alat yang memungkinkan pengembang untuk mengidentifikasi kerentanan dalam smart contract Ethereum mereka. Alat ini dirancang untuk menghilangkan kebutuhan untuk membangun infrastruktur mereka sendiri atau merancang kasus uji yang rumit. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Diligence Fuzzing: Alat Keamanan Otomatis

smart contract consensys
Sumber: ConsenSys

Dilansir dari Cryptopolitan, Diligence Fuzzing didasarkan pada konsep fuzzing – teknik pengujian perangkat lunak yang memberikan program urutan input acak atau tak terduga, dengan tujuan untuk mengungkap bug, crash, atau kerentanan. Rilis ini mengikuti kerugian yang mencengangkan sebesar $3 miliar akibat peretasan protokol pada tahun 2022.

Alat ini menggunakan jenis teknik fuzzing yang canggih yang disebut greybox fuzzing untuk menemukan bug dalam kontrak pintar. Pendekatan ini memeriksa sifat fungsional dari seluruh sistem kontrak, bukan hanya fungsi individu. Pendekatan menyeluruh ini membedakannya, membuatnya jauh lebih efisien daripada alat audit kontrak pintar lainnya yang tersedia, menurut ConsenSys.

Baca Juga: Laporan Kuartal Kedua 2023: Industri Smart Contract Terus meningkat di Tengah Penurunan Pasar

Otomatisasi Audit Keamanan

Ketika dipasangkan dengan Scribble, alat open-source lain dari ConsenSys, pengembang dapat merampingkan proses pengujian keamanan mereka, menerapkan keamanan di Ethereum mainnet menggunakan Diligence Fuzzing.

“Alat otomatis kami dirancang dengan teliti untuk mengungkap kerentanan dalam smart contract. Ini menonjol dengan menawarkan solusi keamanan yang tak tertandingi, menetapkan standar untuk cakupan kode, kecepatan, dan deteksi bug,” kata Liz Daldalian, Lead di ConsenSys Diligence, dikutip dari Cryptopolitan, Rabu, (2/8/2023).

“Peluncuran Diligence Fuzzing mengukuhkan komitmen kami yang tak tergoyahkan untuk meningkatkan keamanan smart contract, dengan tujuan membuatnya ramah pengguna dan dapat diakses oleh semua pengembang dalam ekosistem Ethereum,” tambahnya.

Baca Juga: Revolusi Etherscan dengan OpenAI, Tool Cerdas untuk Analisis Kode Smart Contract Ethereum!

Meningkatkan Keamanan Smart Contract

consensys
Sumber: Consensys

Peluncuran publik alat ‘Diligence Fuzzing’ ConsenSys menandai tonggak penting dalam upaya untuk meningkatkan keamanan smart contract dalam ekosistem DeFi. Dengan memungkinkan pengembang untuk mengidentifikasi kerentanan sebelum penyebaran kontrak, alat ini berpotensi menghemat jutaan dolar yang hilang akibat peretasan dan pelanggaran keamanan.

Meski mungkin tidak memberikan solusi mutlak untuk semua tantangan keamanan, alat ini berfungsi sebagai aset penting dalam pertempuran berkelanjutan untuk melindungi komunitas Web3 dari serangan jahat. Dengan semakin banyak pengembang yang mengakui pentingnya fuzzing dan alat keamanan, jalan menuju lanskap DeFi yang lebih aman menjadi semakin jelas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: