ConsenSys Luncurkan Linea, Solusi Baru yang Membawa Ethereum ke Tingkat Selanjutnya!

author:

ConsenSys Luncurkan Linea, Solusi Baru yang Membawa Ethereum ke Tingkat Selanjutnya!

ConsenSys, perusahaan pengembangan Ethereum, siap meluncurkan jaringan Linea ke jaringan utama Ethereum minggu ini. Linea adalah solusi skalabilitas layer-2 yang menggunakan zero-knowledge (ZK) cryptography, yang menawarkan transaksi blockchain yang lebih murah dan cepat. Dengan peluncuran ini, Linea bergabung dengan sejumlah proyek zkEVM yang bertujuan untuk memperluas akses ke Ethereum.

Linea: Solusi Skalabilitas Ethereum yang Baru

Linea adalah jaringan skalabilitas layer-2 Ethereum yang memungkinkan pengembang untuk membangun atau memindahkan aplikasi terdesentralisasi untuk Ethereum. Jaringan ini beroperasi menggunakan bukti zero-knowledge dan setara dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), yang berarti aplikasinya dapat berinteraksi dengan blockchain Ethereum dengan lancar.

Baca juga: Vitalik Buterin Sarankan Solusi Skala ZK Roll-ups untuk Bitcoin, Ini Alasannya!

Jaringan ini telah melalui periode uji coba yang panjang yang melihat sekitar 5,5 juta dompet unik melakukan lebih dari 46 juta transaksi. ConsenSys menyoroti peningkatan kinerja Linea, biaya transaksi, dan pengalaman pengguna selama periode pengujian.

Peluncuran alpha secara bertahap dimulai pada 11 Juli dengan lebih dari 100 mitra dan ConsenSys menawarkan throughput yang lebih cepat dan biaya transaksi yang 15 kali lebih rendah dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan di jaringan utama Ethereum.

Dampak Linea terhadap Pengembangan Web3

Pendiri dan CEO ConsenSys, Joseph Lubin, menyoroti jumlah protokol dan solusi skalabilitas layer 2 Ethereum sebagai komponen kunci yang mendorong pengembangan aplikasi dan fungsionalitas Web3. Lubin mengatakan,

“Dengan Merge ke Proof of Stake dan traksi luas dari roadmap rollup-centric, Ethereum L2s diatur untuk memainkan peran penting dalam membuat kemajuan besar dalam skalabilitas dan kegunaan.”

Pengumuman yang dibagikan dengan Cointelegraph menyoroti aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang bermigrasi ke Linea untuk memanfaatkan finalitas cepat, jembatan efisien modal, dan keamanan warisan dari jaringan utama Ethereum.

Sementara itu, jaringan ini juga menawarkan biaya gas yang lebih rendah, throughput tinggi, dan latensi rendah, yang merupakan komponen kunci yang dibutuhkan untuk mendukung token non-fungible, permainan blockchain, dan aplikasi sosial.

Baca juga: Susul Optimism (OP), ZkSync Luncurkan Jaringan Hyperchains Baru!

Linea dan Ekosistem Investasi

ConsenSys juga meluncurkan Aliansi Investasi Ekosistem Linea (EIA), yang akan melihat lebih dari 30 perusahaan modal ventura memberikan modal dan bantuan penasihat kepada pembangun ekosistem.

Peluncuran mainnet alpha Linea akan menggunakan berbagai perlindungan untuk melindungi pengguna, DApps, dan jaringan itu sendiri. Ini termasuk hanya membiarkan mitra peluncuran melakukan panggilan ke jaringan selama minggu pertama.

ConsenSys berencana untuk membuka jaringan selama ETHCC di Prancis mulai 17 Juli, sementara beberapa batasan pada penarikan mungkin diberlakukan selama 90 hari pertama. Perusahaan akan melakukan bug bounty dan memantau kinerja sistem sebelum sepenuhnya membuka Linea untuk pengguna akhir.

Secara keseluruhan, dengan peluncuran Linea, ConsenSys membuka bab baru dalam pengembangan Ethereum. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, Linea menunjukkan potensi besar untuk membawa Ethereum ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal skalabilitas dan kegunaan. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam upaya untuk membuat teknologi blockchain lebih dapat diakses dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: