Connext dan Alchemix Luncurkan Standar Token xERC20, Seperti Apa Ya?

author:

Connext dan Alchemix Luncurkan Standar Token xERC20, Seperti Apa Ya?

Connext, protokol jembatan lintas rantai, baru-baru ini mengumumkan peluncuran xERC20, mekanisme baru yang memungkinkan proyek Web3 membawa token mereka ke setiap rantai dengan keamanan terbaik.

Sementara itu, Alchemix, protokol DeFi untuk aset sintetis yang didukung oleh hasil masa depan, akan menjadi pengguna pertama dari xERC20.

Connext dan Standar Token xERC20

Connext, protokol yang memfasilitasi interoperabilitas blockchain, telah meluncurkan mekanisme xERC20. Mekanisme ini memungkinkan proyek Web3 untuk membawa token mereka ke setiap rantai, menawarkan keamanan terbaik dengan menggunakan jembatan kanonik yang telah diuji pertempuran.

Lebih lanjut, peluncuran ini mengikuti proposal standar ERC-7281 yang baru-baru ini diajukan oleh pendiri Connext, Arjun Bhuptani. Standar ini bertujuan untuk memperbaiki masalah likuiditas yang terfragmentasi dan masalah keamanan dari token bridging dengan mengalihkan kepemilikan atas jembatan yang didukung dan keamanan ke penerbit token.

Sumber: Twitter

Sebagai bagian dari peluncuran, Connext mengumumkan kemitraan mereka dengan Alchemix sebagai pengguna utama pertama dari xERC20. Alchemix adalah protokol DeFi untuk aset sintetis yang didukung oleh hasil masa depan.

Alchemix dan Penggunaan xERC20

alchemix xerc20
Sumber: Token Metrics Research

Alchemix, protokol DeFi yang menawarkan pinjaman yang Membayar Diri, akan menjadi pengguna pertama dari xERC20. Alchemix saat ini mendukung pinjaman dalam alUSD (aset sintetis yang berkorelasi dengan USD yang mewakili hasil masa depan dari deposan Alchemix) dan alETH, dengan lebih dari $70 juta dalam deposit pengguna terkunci dalam protokol.

Alchemix sudah live di mainnet dengan Connext, memungkinkan alUSD dan alETH ditransfer antara instance protokol mereka yang hidup di Ethereum, Optimism, dan Arbitrum. Ini menunjukkan bagaimana Alchemix memanfaatkan teknologi xERC20 untuk memfasilitasi transfer token antar rantai.

Dengan menggunakan xERC20, Alchemix dapat memastikan bahwa token mereka dapat dibawa ke setiap rantai dengan keamanan terbaik. Ini menunjukkan bagaimana Connext dan Alchemix bekerja sama untuk memperbaiki masalah likuiditas dan keamanan dalam token bridging.

Dampak xERC20 pada Ekosistem Blockchain

Peluncuran xERC20 oleh Connext dan penggunaannya oleh Alchemix memiliki potensi untuk membawa perubahan signifikan dalam ekosistem blockchain. Dengan memungkinkan proyek Web3 untuk membawa token mereka ke setiap rantai dengan keamanan terbaik, xERC20 dapat membantu memperbaiki masalah likuiditas dan keamanan yang ada dalam token bridging.

Selain itu, dengan memungkinkan penerbit token untuk memiliki kontrol lebih besar atas jembatan yang didukung dan keamanan, xERC20 dapat membantu mencegah kerugian besar dari eksploitasi jembatan. Ini dapat membantu memperkuat kepercayaan dan kepercayaan dalam ekosistem blockchain.

Namun, masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Misalnya, perlu ada infrastruktur yang memadai untuk mendukung operasional Connext dan Alchemix, dan masyarakat perlu mendapatkan pemahaman yang baik tentang cara kerja teknologi ini.

Pada akhirnya, peluncuran xERC20 oleh Connext dan penggunaannya oleh Alchemix menunjukkan bagaimana inovasi dalam teknologi blockchain dapat membantu memperbaiki masalah yang ada dalam ekosistem.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: