Heboh! Dompet Bitcoin Pertama Terima Miliaran Rupiah dan Gateway Crypto CoinsPaid Diretas

Heboh! Dompet Bitcoin Pertama Terima Miliaran Rupiah dan Gateway Crypto CoinsPaid Diretas

Dunia crypto kembali dikejutkan dengan dua peristiwa besar yang terjadi hampir bersamaan. Pertama, dompet Bitcoin pertama yang didirikan oleh Satoshi Nakamoto menerima transferan misterius senilai miliaran rupiah.

Kedua, gateway pembayaran crypto CoinsPaid mengalami peretasan dengan kerugian mencapai $7,5 juta. Kedua peristiwa ini menarik perhatian para pengamat dan pengguna crypto di seluruh dunia.

CoinsPaid Alami Peretasan Kedua

CoinsPaid, sebuah gateway pembayaran crypto asal Estonia, baru-baru ini mengalami peretasan untuk kedua kalinya dalam enam bulan terakhir. Perusahaan keamanan Web3, Cyvers, melaporkan adanya transaksi tidak sah yang mencapai hampir $7,5 juta.

Cyvers mendeteksi transaksi mencurigakan pada tanggal 6 Januari, yang mengakibatkan penarikan aset digital senilai $6,1 juta dalam bentuk Tether (USDT), Ether (ETH), USD Coin (USDC), dan token asli CoinsPaid, CPD.

Baca Juga: Kemajuan Signifikan di Pasar Crypto: ETF Bitcoin Spot Berpotensi Mendapat Lampu Hijau?

Menurut tim Cyvers di X (sebelumnya Twitter), pelaku telah menukarkan sekitar 97 juta token CPD senilai kira-kira $368.000 menjadi ETH, kemudian memindahkan dana tersebut ke akun yang dimiliki secara eksternal (EOAs) dan bursa crypto MEXC, WhiteBit, dan ChangeNOW.

Dompet Genesis Bitcoin Terima Transferan Misterius

alamat aktif bitcoin meningkat
Unsplash

Di sisi lain, dompet Bitcoin pertama yang pernah dibuat, yang juga dikenal sebagai dompet genesis, menerima transferan sebesar 26,9 Bitcoin (BTC) senilai $1,17 juta. Transaksi ini terjadi pada tanggal 5 Januari pukul 1:52 pagi waktu Timur.

Dana tersebut dikirim dari dompet yang telah dikosongkan ke dompet genesis dengan biaya transaksi sebesar $100, yang terbilang lebih tinggi dari rata-rata. Conor Grogan, direktur di Coinbase, mengungkapkan di X bahwa transaksi ini bisa jadi merupakan tindakan Nakamoto yang “bangun” dan menyetor BTC dari Binance atau seseorang yang sengaja “membakar” lebih dari $1 juta.

Paragraf Penutup

Dua peristiwa ini menunjukkan betapa dinamisnya dunia crypto dengan segala risiko dan misterinya.

Peretasan yang terjadi pada CoinsPaid mengingatkan kita akan pentingnya keamanan dalam industri crypto, sementara transferan ke dompet genesis Bitcoin menambah misteri seputar identitas Satoshi Nakamoto. Kedua peristiwa ini pasti akan terus menjadi bahan pembicaraan di kalangan penggemar crypto untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Pengiriman 26 Bitcoin Kepada Satoshi Nakamoto, Apa Motifnya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi