CoinGecko Luncurkan Indeks untuk Crypto yang Dianggap Sebagai Sekuritas oleh SEC

author:

CoinGecko Luncurkan Indeks untuk Crypto yang Dianggap Sebagai Sekuritas oleh SEC

CoinGecko, salah satu platform data crypto terkemuka, telah meluncurkan indeks baru yang melacak token crypto terbesar yang dianggap sebagai sekuritas oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC).

Indeks “Top Alleged Securities Coins”

Indeks baru yang diberi nama “Top Alleged Securities Coins” mengurutkan aset crypto berdasarkan kapitalisasi pasar. BNB menduduki puncak daftar, diikuti oleh Cardano, Solana, dan TRON.

coingecko indeks crypto
10 token sekuritas yang diduga berdasarkan kapitalisasi pasar – Sumber: CoinGecko

Baca juga: 67 Crypto Kini Disebut Sekuritas oleh SEC, Apa Dampaknya?

Seorang juru bicara CoinGecko menginformasikan kepada Cointelegraph bahwa indeks ini diluncurkan pada minggu pertama Agustus 2023. Lebih lanjut, indeks ini dibuat dengan mengkompilasi sejumlah token terkenal yang dianggap sebagai efek oleh SEC dalam gugatan sebelumnya.

Perbandingan dengan Tindakan SEC

Dalam gugatan terbaru terhadap raksasa bursa kripto seperti Coinbase dan Binance, regulator keuangan menambah jumlah token yang dianggap sebagai efek hingga total 68. Namun, CoinGecko hanya mencantumkan 24 di antaranya.

coingecko indeks crypto
Total kapitalisasi pasar dari token sekuritas yang diduga – Sumber: CoinGecko

Menurut halaman CoinGecko, token teratas yang termasuk dalam ruang lingkup litigasi SEC di pasar crypto mencakup setidaknya $84,9 miliar dari seluruh pasar, atau sekitar 7,5% dari total kapitalisasi pasar crypto sebesar $1,21 triliun.

Baca juga: FBI Peringatkan Ancaman dari Penipu yang Menyamar Sebagai Pengembang NFT

Pandangan SEC Mengenai Crypto sebagai Efek

Amandemen SEC Memicu Kontroversi: Ancaman Bagi Industri Crypto??
Sumber: CNBC

Ketua SEC, Gary Gensler, telah berupaya keras untuk menjelaskan bahwa mayoritas aset crypto harus dianggap sebagai efek. Ia sebelumnya mengklaim bahwa “semua selain Bitcoin” adalah efek, dan dengan demikian berada di bawah yurisdiksi agensi tersebut.

Jika klaim Gensler benar, ini berarti hampir semua dari sekitar 25.500 crypto yang terdaftar di platform data crypto CoinMarketCap akan diatur oleh SEC.

Pada akhirnya, peluncuran indeks baru oleh CoinGecko menyoroti perdebatan yang sedang berlangsung mengenai status hukum aset crypto. Dengan meningkatnya perhatian dari regulator seperti SEC, penting bagi investor dan pemangku kepentingan lainnya untuk tetap informasi dan memahami potensi implikasi hukum dari investasi mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: