Waspada! Pengembang Dogecoin Ungkap Masalah Privasi di Coinbase Wallet

author:

Waspada! Pengembang Dogecoin Ungkap Masalah Privasi di Coinbase Wallet

Jakarta, Pintu News – Coinbase Wallet, salah satu dompet kripto populer, baru-baru ini menjadi sorotan karena masalah privasi yang diungkap oleh pengembang Dogecoin, Mishaboar.

Ia memperingatkan bahwa menghubungkan Coinbase Wallet dengan akun Coinbase dapat menimbulkan risiko kepatuhan, karena akan membagikan detail akun, alamat dompet, dan riwayat transaksi kepada Coinbase.

Coinbase Mengumpulkan Banyak Data Pribadi

Sumber: X

Coinbase mengumpulkan berbagai informasi pribadi pengguna, termasuk nama pengguna, catatan transaksi, detail uang masuk dan keluar, dan lainnya, sebagaimana dijelaskan dalam Ketentuan Layanan mereka. Informasi ini dapat dengan mudah diakses oleh pihak berwenang untuk menyelidiki aktivitas ilegal apa pun.

Baca juga: Canggih! Vodafone Integrasikan Dompet Crypto ke Kartu SIM

Kekhawatiran semakin meningkat ketika mempertimbangkan jaringan L2 Coinbase, Base, yang sangat tersentralisasi dan sangat bergantung pada token yang didukung oleh perusahaan modal ventura.

Sementara banyak orang lebih memilih kenyamanan daripada privasi, Mishaboar lebih fokus pada perlindungan data.

Risiko Privasi Coinbase Wallet

Mishaboar menekankan bahwa menghubungkan Coinbase Wallet dengan akun Coinbase akan sepenuhnya menghilangkan anonimitas pengguna dan menghubungkan transaksi di beberapa rantai.

Dengan semakin ketatnya pengawasan regulator terhadap platform perdagangan untuk transaksi yang mencurigakan, banyak pengguna telah memindahkan aktivitas mereka dari Bursa Tersentralisasi.

Namun, peringatan Mishaboar menunjukkan bahwa masalah privasi tetap ada, bahkan dengan penggunaan dompet non-kustodian.

Selain itu, Coinbase Wallet juga memiliki akses ke kunci pribadi pengguna, yang dapat menjadi risiko keamanan yang signifikan jika terjadi peretasan atau pelanggaran data.

Pengguna harus mempertimbangkan risiko ini sebelum menghubungkan Coinbase Wallet mereka ke akun Coinbase.

Baca juga: 5 Best Crypto Wallet di April 2024

Alternatif Dompet Kripto yang Lebih Menjaga Privasi

Bagi pengguna yang mengutamakan privasi, ada beberapa alternatif dompet kripto yang lebih baik daripada Coinbase Wallet. Beberapa di antaranya adalah MetaMask, sebuah dompet kripto non-kustodian yang populer dan mudah digunakan, dengan dukungan untuk berbagai jaringan blockchain.

Selain itu, Trust Wallet, sebuah dompet kripto non-kustodian yang dikembangkan oleh Binance, dengan antarmuka yang ramah pengguna dan dukungan untuk berbagai aset kripto.

Selanjutnya adalah Exodus, sebuah dompet kripto non-kustodian yang menyediakan fitur keamanan yang kuat dan dukungan untuk berbagai aset kripto.

Secara keseluruhan, masalah privasi yang diungkap oleh Mishaboar menjadi peringatan bagi pengguna Coinbase Wallet untuk lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan data pribadi mereka.

Pengguna harus mempertimbangkan risiko yang terkait dengan menghubungkan Coinbase Wallet dengan akun Coinbase dan mempertimbangkan alternatif dompet kripto yang lebih menjaga privasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coinbase