Coinbase Hentikan Dukungan Penarikan pUSDC, Fokus pada USDC Asli di Polygon

Coinbase Hentikan Dukungan Penarikan pUSDC, Fokus pada USDC Asli di Polygon

Coinbase, platform crypto terkemuka, baru-baru ini membuat kejutan dengan mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mendukung penarikan pUSDC, versi terbungkus dari USDC di jaringan Polygon. Namun, jangan khawatir, penyetoran pUSDC masih tersedia dan kamu bisa menarik versi asli USDC di Polygon.

USDC dan Polygon: Duet Maut dalam Dunia Crypto

USDC adalah stablecoin yang nilainya terikat pada dolar AS. Artinya, setiap unit USDC selalu setara dengan satu dolar AS. USDC diciptakan dan dioperasikan oleh Circle dan Coinbase di berbagai blockchain, termasuk Ethereum, Solana, dan Polygon.

Polygon berfungsi sebagai solusi penskalaan layer-2 untuk Ethereum, memberikan pemrosesan transaksi yang lebih cepat dan terjangkau melalui infrastruktur sidechain-nya. Selain itu, Polygon juga mendukung aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan token seperti MATIC, ETH, dan USDC.

Baca Juga: Tengah Viral, Siapa Tokoh di Balik USDC, Stablecoin yang Mampu Saingi USDT?

Coinbase baru-baru ini mengumumkan bahwa pengguna sekarang dapat menyetor token USDC di jaringan Polygon. Sebelumnya, hanya versi terjembatan dari token USDC, yang dikenal sebagai USDC.e, yang tersedia di Polygon. Namun, versi terjembatan ini tidak mendapat dukungan dari Circle, distributor stablecoin.

Peningkatan Adopsi Crypto USDC di Polygon

usdc meluncur di polkadot
Sumber: U Today

Meski ada keterbatasan ini, adopsi USDC di Polygon telah meningkat secara signifikan. Data menunjukkan bahwa selama 24 bulan terakhir, USDC.e telah mencapai volume yang mengejutkan hampir $550 miliar di Polygon PoS, menyumbang sekitar 1 dari setiap 9 transaksi di rantai tersebut.

Selain itu, telah terjadi peningkatan cepat dalam jumlah dompet, dengan sekitar 48,24 juta dompet crypto tercatat pada September 2023. Circle akan menghentikan dukungan penyetoran dan penarikan untuk USDC.e yang dibridasikan melalui Polygon PoS di seluruh API-nya seperti Circle Mint dan Express.

USDC: Stablecoin dengan Nilai Pasar Mengesankan

Mulai saat ini, hanya USDC lokal yang akan didukung. Saat ini, perlu disebutkan bahwa USDC menempati posisi ke-6 secara global sebagai stablecoin terbesar setelah Tether dan memiliki nilai pasar yang mengesankan sebesar $25,25 miliar; namun, Tether berada di posisi ke-3 dengan nilai pasar sebesar $83,5 miliar.

Paragraf Penutup

Dengan perubahan ini, Coinbase menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan di dunia crypto. Meski penarikan pUSDC tidak lagi didukung, pengguna masih dapat menikmati kemudahan transaksi dengan USDC asli di jaringan Polygon.

Baca Juga: Circle Luncurkan Stablecoin USDC di NEAR Protocol, Apa Dampaknya Bagi Ekosistem?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi