Coinbase Menaklukkan Spanyol, Langkah Besar Menuju Ekspansi Eropa!

author:

Coinbase Menaklukkan Spanyol, Langkah Besar Menuju Ekspansi Eropa!

Coinbase, salah satu bursa aset digital terkemuka, telah berhasil mendaftarkan diri di Bank of Spain sebagai bursa crypto yang sah. Dengan langkah strategis ini, Coinbase semakin memperkuat ekspansinya di Eropa, menandakan era baru bagi industri kripto di Spanyol.

Coinbase dan Ekspansi Eropa

Sebagai bagian dari strategi ekspansinya, Coinbase telah mendapatkan lisensi Anti-Money Laundering (AML) dari Bank of Spain. Dengan ini, pengguna Spanyol kini dapat dengan percaya diri menyimpan aset digital mereka di Coinbase dan melakukan transaksi crypto dengan euro.

Baca juga: Coinbase Luncurkan Kampanye Advokasi untuk RUU Crypto Amerika Serikat!

Registrasi ini memungkinkan Coinbase untuk menawarkan seluruh rangkaian produk dan layanannya kepada pengguna ritel dan institusi di Spanyol, sembari memastikan kepatuhan dengan kerangka hukum negara tersebut.

Selain Spanyol, Coinbase telah memperoleh lisensi Virtual Asset Service Provider (VASP) di beberapa negara Eropa lainnya, termasuk Italia, Irlandia, dan Belanda. Bursa ini juga telah meluncurkan layanannya di Singapura, Brasil, dan Kanada.

Spanyol: Hub Crypto yang Berkembang Pesat

ekspansi coinbase
Sumber: Bitcoin News

Spanyol telah menunjukkan sikap yang semakin ramah terhadap sektor aset digital, dengan adopsi yang semakin meningkat di negara tersebut. Menurut Coinbase, sekitar 29% orang dewasa di Spanyol percaya bahwa crypto adalah masa depan keuangan.

Selain itu, crypto telah menjadi metode pembayaran paling populer kedua di negara ini, melampaui transfer bank tradisional. Penelitian dari Bitnovo menunjukkan bahwa 60,7% warga Spanyol membeli crypto untuk investasi jangka panjang, dan 35,7% untuk melakukan pembayaran.

Keberhasilan Coinbase mendapatkan registrasi di Spanyol mengikuti jejak Crypto.com yang mendapatkan persetujuan regulasi dari Bank of Spain pada bulan Juni lalu.

Baca juga: Coinbase Akhirnya Mengintegrasikan Lightning Network, Ini Kata Brian Armstrong!

Regulasi dan Tantangan di Masa Depan

Dengan upaya ekspansinya, Coinbase telah berusaha dua kali untuk mengakuisisi bursa crypto Eropa FTX yang bangkrut. Keinginan bursa untuk memperkuat kehadirannya di Eropa sesuai dengan seruan untuk pengawasan yang lebih ketat oleh regulator non-Eropa di pasar crypto global.

European Parliamentary Research Service (EPRS) telah menekankan perlunya kerangka kerja regulasi yang lebih ketat di yurisdiksi non-UE, seiring dengan kemajuan Markets in Crypto-Assets Regulation (MiCA) Act menuju batas waktu implementasinya pada Desember 2024.

Meskipun demikian, ada kekhawatiran di sektor crypto mengenai regulasi MiCA UE. Marina Parthuisot, kepala hukum di Binance Prancis, telah mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi delisting stablecoin di Eropa karena implementasi MiCA yang akan datang.

Dengan pendaftaran di Bank of Spain, Coinbase semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri crypto. Langkah ini menandai komitmen Coinbase untuk memperluas jangkauannya di Eropa dan berkontribusi pada pertumbuhan industri crypto di Spanyol.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: