Coinbase: Kuasai Pasar Crypto, Namun Tantangan Menanti, Akankah Bertahan?

Coinbase: Kuasai Pasar Crypto, Namun Tantangan Menanti, Akankah Bertahan?

Coinbase, bursa crypto terbesar di Amerika Serikat, baru saja merilis laporan keuangan kuartal keempat tahun 2023. Laporan ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam posisi yang kuat untuk mendominasi pasar crypto tahun ini.

Pendapatan Coinbase Meningkat, Biaya Teknologi Menurun

Pendapatan Coinbase Meningkat, Biaya Teknologi Menurun
Coinbase & Leverage Shares

Pendapatan Coinbase pada kuartal keempat 2023 mencapai $1,17 miliar, naik 5% dibandingkan kuartal sebelumnya. Kenaikan pendapatan ini terutama didorong oleh peningkatan volume perdagangan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Baca Juga: Otoritas Jasa Keuangan Hong Kong Terbitkan Aturan Baru untuk Tokenisasi dan Aset Digital

Biaya teknologi Coinbase pada tahun 2023 juga turun $1 miliar dibandingkan tahun 2022. Penurunan biaya teknologi ini menunjukkan bahwa Coinbase berhasil melakukan efisiensi operasional.

Bitcoin dan Ethereum Dominasi Pasar Crypto

Bitcoin dan Ethereum Dominasi Pasar Crypto
Coinbase & Leverage Shares

Hingga tahun 2021, berbagai aset crypto bersaing untuk mendapatkan perhatian investor crypto di platform Coinbase. Namun, dalam dua tahun terakhir, volume perdagangan aset crypto selain Bitcoin dan Ethereum terus menyusut. Bitcoin dan Ethereum kini menjadi dua aset crypto paling populer di platform Coinbase, dengan Bitcoin memimpin dengan selisih yang cukup besar.

Coinbase Eksplorasi Sumber Pendapatan Baru

Coinbase Eksplorasi Sumber Pendapatan Baru
Coinbase & Leverage Shares

Selain dari biaya perdagangan, Coinbase juga mengeksplorasi sumber pendapatan baru untuk mengurangi ketergantungan pada pasar crypto yang tidak stabil. Perusahaan meluncurkan platform Base, sebuah blockchain layer-2 (L2) yang dibangun di atas Ethereum.

Base bertujuan untuk membantu pelanggan Coinbase mengonversi aset crypto mereka menjadi mata uang fiat (seperti dolar AS) secara efisien untuk penggunaan di dunia nyata.

Coinbase Hadapi Tantangan Regulasi di Kanada

Coinbase juga menghadapi tantangan regulasi crypto di Kanada. Meskipun Kanada lebih cepat mengadopsi ETF crypto dibandingkan Amerika Serikat, namun regulasi di Kanada lebih ketat. Coinbase harus mendaftar dengan pemerintah Kanada untuk mendapatkan “restricted dealer registration” sebelum dapat menawarkan produk dan layanan crypto di negara tersebut.

Coinbase: Peluang dan Tantangan di Masa Depan

Coinbase berada dalam posisi yang kuat untuk memanfaatkan berbagai peluang di pasar crypto yang terus berkembang. Perusahaan memiliki basis pelanggan yang besar, platform perdagangan yang canggih, dan sumber daya keuangan yang kuat. Namun, Coinbase juga menghadapi tantangan regulasi dan persaingan yang ketat dari bursa crypto lainnya.

Baca Juga: Bursa Crypto yang Bangkrut Pindahkan $56 Juta, Diduga Hindari Aturan Anti Pencucian Uang!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi