Coinbase Integrasikan Lightning Network Bitcoin, Apa Saja Kelebihannya?

author:

Coinbase Integrasikan Lightning Network Bitcoin, Apa Saja Kelebihannya?

Jakarta, Pintu News – Coinbase, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, baru saja mengumumkan integrasi dengan Lightning Network Bitcoin.

Integrasi ini memungkinkan pengguna Coinbase untuk melakukan transaksi Bitcoin lebih cepat dan lebih murah.

Lightning Network: Solusi Skalabilitas Bitcoin

Lightning Network adalah protokol lapisan kedua yang dibangun di atas blockchain Bitcoin. Protokol ini memungkinkan transaksi Bitcoin dilakukan di luar blockchain utama, sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan mengurangi biaya transaksi.

Baca juga: Kapasitas Lightning Network dalam Dolar AS Melonjak ke Rekor Tertinggi!

Lightning Network bekerja dengan menggunakan saluran pembayaran dua arah (bidirectional payment channels) untuk menyelesaikan transaksi secara off-chain.

Keuntungan Menggunakan Lightning Network

Sumber: X

Dengan menggunakan Lightning Network, pengguna Coinbase dapat menikmati beberapa keuntungan, di antaranya transaksi Bitcoin melalui Lightning Network dapat diselesaikan dalam hitungan detik, jauh lebih cepat dibandingkan dengan transaksi on-chain yang dapat memakan waktu hingga 10 menit hingga 2 jam.

Tidak hanya itu, biaya transaksi Lightning Network sangat rendah, bahkan bisa gratis. Hal ini karena transaksi Lightning Network tidak memerlukan biaya penambangan (mining fee) seperti transaksi on-chain.

Selanjutnya, Lightning Network dapat memproses lebih banyak transaksi per detik dibandingkan dengan blockchain Bitcoin. Hal ini memungkinkan Lightning Network untuk menangani volume transaksi yang lebih besar.

Baca juga: CertiK: April 2024 Mencatat Kerugian Peretasan Kripto Mencapai Titik Terendah Sejak 2021

Cara Menggunakan Lightning Network di Coinbase

Untuk menggunakan Lightning Network di Coinbase, pengguna cukup memilih opsi “Lightning Network” saat melakukan transaksi Bitcoin.

Coinbase akan secara otomatis mengonversi Bitcoin pengguna ke dalam bentuk Lightning Network dan mengirimkannya melalui saluran pembayaran yang sesuai.

Pengguna tidak perlu khawatir tentang pengelolaan saluran pembayaran atau likuiditas, karena Coinbase akan menanganinya secara otomatis.

Secara keseluruhan, integrasi Lightning Network di Coinbase merupakan langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan skalabilitas Bitcoin.

Dengan Lightning Network, pengguna Coinbase dapat menikmati transaksi Bitcoin yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin Magazine