Coinbase Hapus Dukungan Pembayaran Bitcoin, Ada Apa?

Coinbase Hapus Dukungan Pembayaran Bitcoin, Ada Apa?

Pertukaran mata uang crypto Coinbase membuat keputusan mengejutkan dengan menghapus dukungan untuk Bitcoin asli dan UTXO lainnya dari platform pembayarannya. Coinbase Commerce, yang dirancang sebagai standar baru untuk pembayaran on-chain, tiba-tiba mencoret Bitcoin, mata uang crypto terbesar di dunia, dari daftar pembayaran yang didukung untuk para pedagang.

Alasan Coinbase Hapus Dukungan Bitcoin

Lauren Dowling, Kepala Produk Coinbase, menyampaikan berita tersebut kepada 73 juta pengguna bursa bahwa pihaknya telah membuat ‘keputusan sulit’ untuk menghapus dukungan Bitcoin asli, Litecoin, dan UTXO lainnya dari platform pembayarannya. Dowling menjelaskan bahwa Coinbase Commerce dirancang untuk menyederhanakan pembayaran crypto.

Dengan memanfaatkan smart contract dan alat EVM lainnya, protokol pembayaran ini bertujuan untuk memungkinkan perdagangan on-chain tanpa beban operasional dan finansial dari sistem lama.

Baca Juga: Pakistan Bisa Bergabung dengan BRICS dengan Bantuan Rusia, Kata Senator

Untuk mencapai hal ini, protokol pembayaran memastikan bahwa detail pembayaran dicatat on-chain, mendukung berbagai token asli dan ERC-20, dan secara otomatis mengonversi pembayaran ke USDC on-chain dengan nilai tukar yang terjamin bagi para pedagang. Namun, ketidaksesuaian Bitcoin, seperti kurangnya smart contract dan stablecoin pada jaringan, membuatnya sulit untuk menyesuaikan dengan protokol pembayaran berbasis EVM, jelas Dowling.

Dampak Keputusan Coinbase bagi Pengguna

invasi crypto menurut brian armstrong
Sumber: TechCrunch

CEO Coinbase, Brian Armstrong, merinci bahwa pengguna yang membayar dengan Coinbase Commerce masih dapat bertransaksi dengan Bitcoin ‘off-chain’ jika mereka memiliki akun di bursa tersebut. Dia juga mengungkapkan rencana untuk mengintegrasikan Solana dan Bitcoin Lightning Network dalam waktu dekat.

Namun, terlepas dari isyarat untuk memulihkan dukungan, keputusan Coinbase untuk menghentikan pembayaran crypto Bitcoin mensyaratkan bahwa kedua belah pihak harus memiliki akun bursa, yang memicu kritik dari komunitas.

Beberapa pengguna tidak senang dipaksa memiliki akun bursa untuk membayar dengan Bitcoin, dengan alasan bahwa bursa tersebut tidak mendukung setiap yurisdiksi. Keputusan Coinbase ini dapat mengganggu operasi sehari-hari bagi banyak bisnis dan pembeli yang menerima crypto yang mengandalkan protokol pembayaran tersebut.

Masa Depan Pembayaran Bitcoin di Coinbase

Keputusan Coinbase untuk menghapus dukungan Bitcoin asli dari platform pembayarannya menimbulkan pertanyaan tentang masa depan pembayaran Bitcoin di bursa tersebut. Meskipun ada rencana untuk mengintegrasikan Solana dan Bitcoin Lightning Network, masih belum jelas bagaimana Coinbase akan mengatasi tantangan ketidaksesuaian Bitcoin dengan protokol pembayaran berbasis EVM.

Pengguna Coinbase yang ingin terus membayar dengan Bitcoin mungkin harus membuka akun bursa dan menggunakan metode pembayaran ‘off-chain’. Namun, hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna yang tidak ingin memiliki akun bursa atau yang berada di yurisdiksi yang tidak didukung oleh Coinbase.

Kesimpulan

Keputusan Coinbase untuk menghapus dukungan Bitcoin asli dari platform pembayarannya merupakan langkah yang mengejutkan dan dapat berdampak signifikan terhadap pedagang dan pembeli yang menerima crypto. Meskipun ada rencana untuk mengintegrasikan Solana dan Bitcoin Lightning Network, masih belum jelas bagaimana Coinbase akan mengatasi tantangan ketidaksesuaian Bitcoin dengan protokol pembayaran berbasis EVM.

Pengguna Coinbase yang ingin terus membayar dengan Bitcoin mungkin harus membuka akun bursa dan menggunakan metode pembayaran ‘off-chain’, yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian pengguna.

Baca Juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi