Coinbase dan Circle Mendobrak Pasar Prancis, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Coinbase dan Circle Mendobrak Pasar Prancis, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Mengakhiri tahun 2023 dengan gebrakan, Coinbase dan Circle berhasil mendapatkan persetujuan regulasi di Prancis. Langkah ini menandai ekspansi besar bagi industri crypto yang terus berkembang, sekaligus membuka peluang baru bagi kamu yang tertarik dengan pasar crypto Eropa.

Lisensi Coinbase di Prancis: Gerbang Baru untuk Eropa

Coinbase, salah satu bursa crypto terbesar, telah mendapatkan lisensi sebagai Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) dari otoritas keuangan Prancis, Autorité des Marchés Financiers (AMF). Dengan lisensi ini, Coinbase kini dapat menyediakan layanan penitipan aset digital dan memfasilitasi perdagangan crypto Prancis.

Ini merupakan langkah strategis Coinbase untuk memperluas jangkauannya di Eropa, terutama saat menghadapi ketidakpastian regulasi di Amerika Serikat. Coinbase juga telah mengumumkan layanan perdagangan crypto untuk investor institusional asing melalui cabang internasionalnya.

Baca Juga: Terungkap! Penurunan Drastis Stablecoin di Ethereum, Apa Dampaknya?

Klien di luar Amerika Serikat kini dapat berdagang Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) melawan USD Coin (USDC), menambahkan opsi bagi kamu yang ingin berinvestasi di pasar crypto global.

Circle Ikut Serta: Stabilkan Pasar dengan USD Coin

usdc meluncur di polkadot
Sumber: Crypto News

Circle, penerbit stablecoin USD Coin (USDC), juga tidak ketinggalan dalam meraih persetujuan di Prancis. Meski mendapatkan registrasi bersyarat sebagai Penyedia Layanan Aset Digital, Circle masih harus mendapatkan persetujuan sebagai Penyedia Layanan Pembayaran.

Circle telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan lisensi Institusi Uang Elektronik, yang jika disetujui, akan memungkinkan mereka beroperasi penuh di Prancis. Persetujuan ini datang di tengah tahun yang penuh dengan perubahan regulasi dan tantangan hukum bagi perusahaan crypto.

Uni Eropa telah menerapkan Regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA), yang mengatur aset digital yang tidak diatur oleh hukum layanan keuangan yang ada. Ini menunjukkan upaya serius Prancis dalam mengatur pasar crypto, yang tentunya memberikan kepastian hukum bagi kamu yang ingin berinvestasi.

Prancis: Destinasi Baru Industri Crypto

Prancis kini menjadi sorotan sebagai destinasi baru bagi industri crypto, dengan pemerintah yang mendukung inovasi teknologi. Dengan investasi sebesar €34 miliar dalam rencana “France 2030”, Prancis berambisi menjadi pusat teknologi global, termasuk dalam sektor crypto dan Web3.

Ini menunjukkan komitmen Prancis dalam memimpin revolusi digital dan memberikan peluang bagi kamu untuk terlibat dalam ekosistem crypto yang berkembang.

Data menunjukkan bahwa adopsi crypto di Prancis meningkat, dengan 10% orang dewasa Prancis saat ini memiliki aset crypto dan 24% berencana untuk membeli, menjual, atau berdagang crypto dalam 12 bulan ke depan.

Ini menandakan peluang yang semakin besar bagi kamu untuk terjun ke dalam pasar crypto yang dinamis dan potensial.

Paragraf Penutup

Dengan persetujuan regulasi yang diberikan kepada Coinbase dan Circle, Prancis membuka pintu bagi perkembangan industri crypto di Eropa. Ini bukan hanya kabar baik bagi perusahaan-perusahaan tersebut, tetapi juga bagi kamu yang mencari peluang di pasar crypto yang semakin matang dan teratur.

Baca Juga: Base Network: Lompatan Luar Biasa dengan TVL Melebihi $737 Juta!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi