Coinbase dan Circle Berkolaborasi untuk Ubah Lanskap USDC dan Ekspansi Blockchain!

author:

Coinbase dan Circle Berkolaborasi untuk Ubah Lanskap USDC dan Ekspansi Blockchain!

Coinbase, salah satu bursa crypto terkemuka di Amerika Serikat, telah membeli saham minoritas di Circle Internet Financial. Langkah ini datang bersamaan dengan pembubaran Centre Consortium, yang sebelumnya mengatur stablecoin USD Coin (USDC). Selain itu, USDC akan memperluas dukungannya ke enam blockchain baru.

Coinbase dan Kemitraan Baru dengan Circle

Dalam langkah strategis yang mengejutkan banyak pihak di industri crypto, Coinbase memutuskan untuk memperkuat posisinya di lanskap stablecoin dengan mengakuisisi saham minoritas di Circle Internet Financial.

Baca juga: Bikin Geger! Vitalik Buterin Kirim Ethereum Senilai $1 Juta ke Bursa Crypto Ini

Kemitraan ini bukan hanya tentang saham; ini adalah pernyataan tentang masa depan stablecoin dan bagaimana dua pemain besar di ruang ini melihat potensinya. Coinbase, yang telah menjadi pelopor dalam menyederhanakan akses ke kripto bagi jutaan pengguna, melihat Circle dan USDC sebagai komponen kunci dalam misi mereka untuk membawa crypto ke arus utama.

Meskipun ukuran saham spesifik belum diungkapkan, kemitraan ini menunjukkan komitmen Coinbase untuk pertumbuhan dan diversifikasi di pasar crypto. Dengan menggabungkan kekuatan dengan Circle, Coinbase berharap untuk memanfaatkan pengalaman dan keahlian Circle dalam mengelola dan mengembangkan USDC.

Selain itu, dengan memiliki saham di Circle, Coinbase dapat memiliki suara yang lebih besar dalam arah dan evolusi USDC, yang telah menjadi salah satu stablecoin paling populer di dunia.

Yang menarik dari kesepakatan ini adalah bagaimana akuisisi saham dilakukan tanpa transaksi tunai. Ini mencerminkan kepercayaan bersama antara kedua perusahaan dan keyakinan mereka bahwa kemitraan ini lebih dari sekadar pertukaran nilai moneter.

Pembubaran Centre Consortium dan Kendali Penuh Circle atas USDC

coinbase circle usdc
Sumber: Bitcoin News

Centre Consortium, yang awalnya didirikan sebagai inisiatif bersama antara Circle dan Coinbase, telah menjadi landasan bagi pengembangan dan adopsi USDC sejak awal. Namun, dengan pembubaran kemitraan ini, industri crypto menyaksikan akhir dari era kolaborasi dan awal dari babak baru di mana Circle mengambil kendali penuh atas penerbitan dan tata kelola USDC.

Meskipun Centre Consortium telah memainkan peran penting dalam memastikan transparansi, kepercayaan, dan stabilitas USDC, Circle percaya bahwa dengan mengambil kendali penuh, mereka dapat lebih cepat beradaptasi dengan permintaan pasar yang berubah dan memperkenalkan fitur-fitur baru yang akan meningkatkan utilitas USDC.

Baca juga: Terungkap! 70% Adopsi USDC Terjadi di Luar Amerika: Apa yang Mendorongnya?

Selain itu, dengan kendali penuh atas tata kelola, Circle dapat memastikan bahwa keputusan strategis diambil dengan cepat tanpa harus melalui proses negosiasi panjang yang sering kali diperlukan dalam kemitraan.

Ekspansi USDC ke Enam Blockchain Baru

USDC akan mengintegrasikan dengan enam blockchain tambahan, meningkatkan total dukungan blockchain menjadi 15.

Meskipun spesifik blockchain belum diumumkan secara resmi, Circle sebelumnya telah menyebutkan rencana untuk menambahkan blockchain utama seperti Polkadot, Near, Optimism, dan Cosmos ke daftarnya pada tahun 2023. Dengan ekspansi ini, utilitas dan aksesibilitas USDC diharapkan meningkat secara signifikan.

Kolaborasi antara Coinbase dan Circle, pembubaran Centre Consortium, dan ekspansi integrasi USDC menunjukkan ketahanan dan dinamika industri crypto. Perkembangan ini memberikan gambaran tentang masa depan di mana stablecoin melampaui asal-usulnya untuk menjadi alat penting untuk inklusi keuangan, transaksi lintas batas, dan lainnya.

Referensi: