Peluang Coinbase Menang Melawan SEC Mencapai 70%: Analisis Terbaru

Peluang Coinbase Menang Melawan SEC Mencapai 70%: Analisis Terbaru

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat analis Bloomberg, Elliot Stein, memperkirakan bahwa Coinbase memiliki peluang sebesar 70% untuk memenangkan gugatan yang diajukan oleh SEC.

Gugatan ini berkaitan dengan tuduhan operasi pertukaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar. Pertarungan hukum antara raksasa pertukaran crypto dan regulator pasar modal AS ini menjadi sorotan, dengan potensi denda mencapai $1 miliar.

Kemungkinan Besar Coinbase Akan Menang

Stein menekankan bahwa Coinbase memiliki peluang tinggi untuk menggugurkan klaim utama SEC yang menuduh mereka melakukan perdagangan sekuritas yang tidak terdaftar.

Dalam persidangan yang diadakan, pengacara Coinbase, William Savitt, berargumen bahwa transaksi yang terjadi di platform mereka tidak melibatkan sekuritas karena pembeli tidak mendapatkan hak seperti yang terjadi pada saham dan obligasi. Meskipun ada keputusan hakim Analisa Torres pada 13 Juli dalam kasus SEC.

Baca Juga: Coinbase Luncurkan Kampanye Advokasi untuk RUU Crypto Amerika Serikat!

Ripple yang menimbulkan perdebatan, masih ada ketidakpastian di pengadilan mengenai status crypto sebagai sekuritas. Stein berpendapat bahwa definisi “kontrak investasi” yang diajukan oleh Coinbase lebih meyakinkan dibandingkan dengan SEC, yang dapat menggugurkan klaim regulator terhadap pertukaran crypto tersebut.

Analisis Hukum dan Dampaknya

Kerjasama Coinbase dan SEC Berakhir: Mengapa Industri Kripto AS Terancam?
Bitcoin.com News

Stein percaya bahwa definisi Coinbase tentang “kontrak investasi” yang memerlukan investasi dalam bisnis, bukan hanya dalam ekosistem, serta adanya kewajiban yang dapat ditegakkan, lebih kuat. Hal ini juga dapat mengalahkan klaim staking SEC terhadap Coinbase.

Selain itu, Coinbase memiliki argumen yang kuat bahwa SEC tidak cukup menyampaikan tuduhan bahwa Coinbase menjalankan fungsi sebagai broker. Jika kasus ini bertahan, kemungkinan besar akan mencapai Mahkamah Agung, yang diperkirakan Stein akan mempersempit interpretasi tes Howey untuk apa yang dianggap sebagai kontrak investasi.

Definisi “investasi” dari Coinbase ini juga diharapkan dapat mengalahkan klaim staking dari SEC, menambah peluang Coinbase untuk menang.

Prospek Coinbase Pasca Sidang

Coinbase menghadapi potensi tanggung jawab hukum sebesar $1 miliar jika kalah dalam gugatan ini. Namun, dengan argumen yang kuat dan dukungan analisis hukum, prospek Coinbase untuk memenangkan kasus ini tampak cerah.

Kemenangan ini tidak hanya akan menguntungkan Coinbase tetapi juga dapat memberikan kejelasan hukum yang lebih luas untuk industri crypto di masa depan. Kasus ini menjadi titik penting dalam menentukan bagaimana regulasi crypto akan dibentuk dan diterapkan di Amerika Serikat.

Keputusan pengadilan yang akan datang dapat menjadi preseden penting bagi kasus serupa di masa depan dan bagi perkembangan pasar crypto secara keseluruhan.

Paragraf Penutup

Dengan analisis yang mendalam dan argumen hukum yang kuat, Coinbase tampaknya berada di jalur yang tepat untuk memenangkan pertarungan hukumnya dengan SEC. Keputusan ini tidak hanya akan mempengaruhi masa depan Coinbase tetapi juga akan menentukan arah regulasi crypto di Amerika Serikat.

Baca Juga: Coinbase Bersiap Gempur Pasar dengan ETF Bitcoin, Ini Strateginya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi