Akhir dari ‘Crypto Winter’ dan Dominasi Bitcoin dan L2: Waktunya Akumulasi Crypto?

Akhir dari ‘Crypto Winter’ dan Dominasi Bitcoin dan L2: Waktunya Akumulasi Crypto?

Coinbase, dalam laporan prospek pasar crypto untuk tahun 2024, mengungkapkan pandangan optimis tentang masa depan industri crypto. Laporan ini menandai akhir dari periode ‘Crypto Winter’ dan memprediksi dominasi Bitcoin serta protokol Layer 2 (L2) dalam tahun-tahun mendatang.

Pemulihan Pasar Crypto dan Dominasi Bitcoin

Laporan Coinbase menunjukkan bahwa total kapitalisasi pasar crypto telah meningkat dua kali lipat pada tahun 2023, menandakan keluarnya aset crypto dari periode ‘Crypto Winter’. David Duong, kepala penelitian institusional Coinbase, menekankan bahwa dominasi Bitcoin telah meningkat, mencapai lebih dari 50% untuk pertama kalinya sejak April 2021.

Baca Juga: Crypto Dynasty dan Yuan Digital: Dua Wajah Mata Uang Crypto yang Mengubah Dunia

Bitcoin telah mengalami kenaikan sebesar 153% pada tahun ini, didorong oleh minat institusional yang tinggi dan aplikasi yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF Bitcoin spot.

Infrastruktur Blockchain dan Dominasi L2

kolaborasi blockchain dan ai
The image created by AI

Coinbase menggambarkan tahun 2024 sebagai tahun di mana proyek-proyek blockchain yang berkembang selama pasar bear akan mulai membuahkan hasil. Infrastruktur blockchain telah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir, memungkinkan onboarding yang lebih mudah dan skalabilitas yang lebih baik. Ini akan menciptakan titik infleksi untuk adopsi yang lebih luas.

Protokol L2, yang dibangun di atas Ethereum, telah mendominasi pasar sepanjang tahun 2023. Coinbase mencatat bahwa proporsi ETH yang terkunci di jembatan yang terkait dengan rollup telah tumbuh dari 25% dari semua ETH yang terjembatan pada awal 2022 menjadi 85% pada akhir November 2023.

Hal ini menunjukkan bahwa L2 telah menciptakan lebih banyak ruang di jaringan Ethereum untuk pengembangan aplikasi, yang akan meningkatkan dominasi Ethereum dan menempatkan protokol L1 pesaing dalam posisi yang sulit.

Pasar Crypto dan Gerakan Harga

  • Bitcoin turun 2,2% dalam 24 jam terakhir, diperdagangkan sekitar $42,090.
  • Ethereum turun 3,5% menjadi $2,235.

Laporan Coinbase ini memberikan pandangan yang optimis tentang masa depan industri crypto, dengan fokus pada pertumbuhan Bitcoin dan pengembangan infrastruktur blockchain, khususnya protokol L2.

Baca Juga: Internet Computer Protocol (ICP): Terobosan Teknologi Masa Depan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: