CMO PINTU Bocorkan Gaji Karyawan di Bidang Web3, Nilainya Fantastis?

author:

CMO PINTU Bocorkan Gaji Karyawan di Bidang Web3, Nilainya Fantastis?

Bersamaan dengan gelombang revolusi digital yang semakin menguat, industri Web3 muncul sebagai salah satu sektor yang dinamis dan inovatif. Dengan berkembangnya teknologi blockchain, cryptocurrency, dan Metaverse, perusahaan-perusahaan di ranah Web3 tidak hanya menawarkan peluang karir yang menarik, tetapi juga gaji dan benefit yang kompetitif.

Dari insentif finansial hingga fleksibilitas kerja, kita akan menjelajahi bagaimana perusahaan industri Web3 ini tidak hanya berupaya menarik talenta terbaik, tetapi juga memastikan kesejahteraan dan pertumbuhan profesional karyawan mereka di era digital yang terus berkembang.

Benefit Para Pemain Web3

Dalam sebuah sesi wawancara dengan Blockchain Talent, Timothius Martin, yang menempati posisi Chief Marketing Officer di PINTU, mengungkapkan berbagai benefit termasuk gaji karyawan di industri Web3.

Baca juga: Rahasia Sukses Pintu: Wawancara Eksklusif di Coinfest 2023 dengan Jeth Soetoyo!

“Meski tidak bisa mewakilkan semua pemain Web3, tapi di PINTU, dari sisi kompensasi, finansial, maupun benefit itu kita sangat kompetitif. Saya bisa bilang kita cukup bisa bersaing dengan unicorn atau Decacorn Web2 di Indonesia,” jawab Timo.

Mengenai gaji, Timo mengungkapkan bahwa salary di industri Web3, khususnya crypto, “fundamentally mengenal istilah high risk high return”. Ia juga menambahkan bahwa crypto itu cukup medium to high risk buat sebagian besar orang sehingga memiliki return yang juga tinggi bagi seseorang yang memiliki experience, passion, dan skill set yang cocok.

“Jadi saya bisa bilang rata-ratanya (gaji) mungkin bisa lebih tinggi dari Web2 untuk orang-orang tertentu dengan skill set tertentu.”

Tidak hanya itu, Timo juga menambahkan bahwa culture bekerja di industri Web3, salah satunya Pintu, sangat menarik. Pasalnya, talent atau karyawan di Pintu tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga global.

“Karena Web3 dan crypto itu global, jadi kita selalu berhubungan dengan talent global, partner global, user juga bisa global.”

Perbandingan Gaji Karyawan di Industri Web2 dan Web3

Selanjutnya, CMO PINTU membeberkan lebih dalam perbandingan gaji antara perusahaan Web2 dan Web3. Karena “high risk high return”, Timo mengatakan untuk skill set, experience spesifik, dan bahkan lokasi (seperti Indonesia, Singapura, atau Amerika Serikat) bisa jadi penentu tingginya gaji seseorang yang bekerja di industri Web3.

“Kalau di bagian engineering, mungkin kita sudah cukup bersaing dengan perbedaan 20-30% lebih tinggi untuk posisi tertentu. Kalau ada pertanyaan gaji tertingginya berapa, range-nya bisa lumayan lebar. Namun, di dunia Web3 tidak jarang kita lihat gaji yang triple digit atau ratusan juta untuk orang-orang yang memang berpengalaman, bisa berkontribusi besar, dan memiliki skill set sangat unik yang bisa dibawa ke dunia Web3.” tutur Timo.

Karyawan di Perusahaan Web3 Dapat Salary Tinggi?

masa depan web3

Memberikan sedikit keterangan lebih dalam lagi, Timo menjelaskan jika memakai fundamental supply – demand, untuk saat ini, demand karyawan di dunia Web3 sedang banyak berkembang. Pasalnya, pencarian karyawan di industri ini tidak hanya datang dari perusahaan Web3, tetapi juga dari perusahaan Web2 yang ingin merambah ke dunia crypto, blockchain, ataupun NFT.

“Jadi sekarang ini blockchain experts lagi banyak dicari. Namun sekarang ini supply-nya masih sangat terbatas, sehingga saat supply-nya terbatas dan demand-nya tinggi, pasti gaji atau benefit yang ditawarkan juga akan sangat tinggi.”

Berkembangannya demand untuk talent di dunia Web3 tidak hanya terjadi di Indonesia, pada awal tahun 2023, United Kingdom’s National Crime Agency (NCA) atau Badan Kejahatan Nasional Inggris menawarkan gaji tahunan berkisar antara Rp755 juta hingga Rp823 juta, untuk posisi Cryptocurrency Investigator dengan pengetahuan tentang crypto yang baik serta pengalaman yang kuat dalam melakukan investigasi forensik blockchain.

Bukan hanya itu, perusahaan global dan populer Disney juga sempat mencari penasihat hukum untuk membantu menavigasi regulasi crypto, NFT, dan DeFi untuk strategi Web3-nya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.