Gebrakan Baru, CME Luncurkan Futures Bitcoin dan Ethereum Mikro Berdenominasi Euro!

author:

Gebrakan Baru, CME Luncurkan Futures Bitcoin dan Ethereum Mikro Berdenominasi Euro!

Chicago Mercantile Exchange (CME) bersiap meluncurkan kontrak futures Bitcoin dan Ethereum mikro berdenominasi Euro pada 18 Maret mendatang, menandai langkah signifikan dalam diversifikasi produk derivatif crypto.

Inisiatif ini datang setelah lonjakan minat dan volume perdagangan untuk futures Bitcoin dan Ether CME bulan lalu, menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam pasar derivatif crypto.

Ekspansi Produk Derivatif Crypto CME

cme bitcoin dan ethereum futures
Sumber: X

CME berencana meluncurkan kontrak futures Bitcoin dan Ether mikro berdenominasi Euro, menambahkan ke portofolio produk derivatif crypto yang sudah ada.

Baca juga: Heboh! Bitcoin dan Ethereum Pimpin Likuidasi $145 Juta dalam Sehari

Peluncuran ini mengikuti kontrak futures Bitcoin mikro yang diluncurkan pada Mei 2021 dan futures Ether mikro pada Desember 2021, serta futures Bitcoin dan Ethereum berdenominasi Euro yang diluncurkan pada Agustus 2022.

Kontrak futures mikro ini akan berukuran sepuluh kali lebih kecil dari aset dasar yang mendasarinya, memberikan cara yang lebih hemat biaya untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin dan Ethereum.

Giovanni Vicioso, Kepala Global Produk Cryptocurrency CME Group, menekankan bahwa investor global telah mencari alat yang lebih tepat untuk mengelola risiko mereka seiring dengan meningkatnya minat terhadap Bitcoin dan Ether.

Peningkatan Minat dan Volume Perdagangan

ethereum bitcoin
Generated by AI

Bulan lalu, open interest futures Bitcoin di CME mencapai rekor tertinggi $5,2 miliar, dengan volume perdagangan bulanan juga mencapai rekor $108,3 miliar. Ini menandai level tertinggi sejak Oktober 2021.

Open interest dan volume perdagangan futures Ethereum juga mencapai puncak multi-bulan pada Januari, meskipun masih lebih dari 30% di bawah puncak yang dicapai pada November 2021.

Futures mikro Bitcoin dan Ethereum juga mengalami lonjakan pada Januari, dengan volume perdagangan harian rata-rata meningkat 43% dibandingkan Desember. Ini menunjukkan minat yang tumbuh dalam produk derivatif crypto yang lebih kecil dan lebih terjangkau.

Baca juga: Minat Terbuka Bitcoin Futures di CME Sentuh Angka Fantastis $5 Miliar!

Dampak terhadap Pasar Crypto dan Investor

Peluncuran produk derivatif crypto baru oleh CME diharapkan memberikan dampak positif pada pasar crypto, menawarkan lebih banyak pilihan bagi investor untuk mengelola eksposur mereka terhadap Bitcoin dan Ethereum.

Dengan menyediakan kontrak berdenominasi Euro, CME memberikan alternatif bagi investor yang ingin melakukan hedging atau spekulasi dalam mata uang selain dolar AS.

Ketersediaan produk derivatif crypto yang lebih luas dan beragam ini juga dapat meningkatkan likuiditas dan stabilitas pasar crypto, memungkinkan investor dari berbagai wilayah untuk berpartisipasi dengan lebih aktif dalam pasar crypto.

Peluncuran futures Bitcoin dan Ethereum mikro berdenominasi Euro oleh CME menandai perkembangan penting dalam pasar derivatif crypto, menawarkan lebih banyak pilihan bagi investor untuk mengelola risiko dan eksposur mereka terhadap aset digital utama.

Dengan meningkatnya minat dan volume perdagangan dalam produk derivatif crypto, pasar ini diharapkan terus berkembang, menarik lebih banyak partisipasi dari investor global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coincu