Curi Perhatian, CME Kuasasi 25% Pasar Bitcoin Futures!

author:

Curi Perhatian, CME Kuasasi 25% Pasar Bitcoin Futures!

Dalam dunia pasar mata uang crypto, Chicago Mercantile Exchange (CME) sedang menjadi pusat perhatian. Bursa derivatif yang terdaftar ini kini berada di urutan kedua dalam daftar bursa Bitcoin futures, hanya berjarak sedikit di belakang Binance.

Dengan peningkatan minat terbuka yang mencapai $3,58 miliar pada 30 Oktober 2023, CME siap untuk menggeser Binance dari puncak.

CME Menguasai 25% Pasar Bitcoin Futures

CME telah berhasil melonjak dua posisi dalam seminggu, mengalahkan Bybit dan OKX yang memiliki minat terbuka sebesar $2,6 miliar dan $1,78 miliar. CME kini hanya berjarak beberapa juta dari Binance yang memiliki minat terbuka sebesar $3,9 miliar. Kontrak futures Bitcoin standar yang ditawarkan oleh CME bernilai lima BTC, sementara kontrak mikro bernilai sepersepuluh dari Bitcoin.

Baca juga: TMX Group, Bursa Utama di Kanada, Siap Meluncurkan Perdagangan Futures Bitcoin!

cme siap geser binance
Peringkat Bursa Berjangka Bitcoin berdasarkan minat terbuka. Sumber: Coinglass

Dengan peningkatan minat terbuka ini, CME berhasil mendapatkan 25% pangsa pasar Bitcoin futures. Minat terbuka Bitcoin mengacu pada jumlah total kontrak futures atau opsi Bitcoin yang belum diselesaikan di pasar. Ini mengukur jumlah uang yang diinvestasikan dalam derivatif Bitcoin pada waktu tertentu. Jika lebih banyak modal mengalir ke Bitcoin futures, minat terbuka akan meningkat.

Sebaliknya, jika modal mengalir keluar, minat terbuka akan menurun. Oleh karena itu, peningkatan minat terbuka mencerminkan sentimen bullish, sedangkan penurunan minat terbuka menunjukkan sentimen bearish.

CME Menarik Minat Investor Institusional

Sebagian besar investasi ke futures CME datang melalui kontrak futures standar, menunjukkan adanya arus masuk minat institusional. Bitcoin mencatatkan lonjakan dua digit besar pada Oktober, membantu mencapai titik tertinggi baru dalam setahun di atas $35.000.

CME juga mencatatkan rekor dengan kontrak futures yang diselesaikan dengan uang tunai melebihi 100.000 BTC dalam volume. Minat trader yang meningkat di pasar futures Bitcoin juga telah mendorong CME untuk mendapatkan 25% dari pangsa pasar Bitcoin futures.

Baca juga: VanEck Kembali Berjuang untuk ETF Bitcoin, Apakah Kali Ini Berhasil?

CME Siap Geser Binance

cme pasar bitcoin futures

Meski Binance masih memimpin pasar dengan minat terbuka sebesar $3,85 miliar, CME telah mencapai tonggak sejarah dengan melampaui 100.000 BTC dalam minat terbuka untuk kontrak futures yang diselesaikan dengan uang tunai.

Selain itu, pangsa pasar CME dalam sektor futures Bitcoin telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 25%. CME menawarkan kontrak futures Bitcoin standar yang setara dengan 5 BTC dan kontrak mikro yang setara dengan sepersepuluh dari 1 BTC.

Sebagian besar minat terbuka di bursa luar negeri terkonsentrasi pada futures abadi, yang unik karena tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan menggunakan mekanisme tingkat pendanaan untuk menyelaraskan dengan harga spot saat ini.

Dengan peningkatan minat terbuka dan pangsa pasar yang signifikan, CME kini berada di ambang menggeser Binance sebagai bursa futures Bitcoin terbesar. Ini menunjukkan bahwa pasar mata uang crypto terus berkembang dan berubah, dan CME tampaknya siap untuk menjadi pemimpin baru dalam pasar futures Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: