Chicago Mercantile Exchange (CME) Siap Geser Binance Sebagai Raja Bursa Futures Bitcoin?

Chicago Mercantile Exchange (CME) Siap Geser Binance Sebagai Raja Bursa Futures Bitcoin?

Dalam dunia pasar mata uang crypto, terjadi pergeseran kekuatan yang signifikan. Chicago Mercantile Exchange (CME), bursa berjangka yang diatur, kini berada di ambang menjadi bursa futures Bitcoin terbesar, menggeser posisi Binance.

Pergerakan CME dalam Dunia Bitcoin

CME kini telah menjadi bursa futures Bitcoin terbesar kedua dengan minat terbuka nominal (OI) sebesar $3,54 miliar. CME berhasil naik peringkat, dari posisi keempat beberapa minggu lalu, menjadi posisi kedua. Minat terbuka nominal merujuk pada nilai dolar AS yang terkunci dalam jumlah kontrak aktif atau terbuka.

Baca Juga: Pangsa Market Spot Binance Terus Merosot! Bagaimana Nasib Pasar Crypto?

Bursa ini menawarkan kontrak berjangka Bitcoin yang diselesaikan dengan uang tunai dalam ukuran standar dan mikro. Minat yang meningkat telah membuat volume pada futures CME melebihi 100.000 BTC. CME kini menguasai 25% pangsa pasar global futures Bitcoin, seiring dengan meningkatnya minat dari para trader institusional.

Binance dan Posisinya dalam Pasar Bitcoin

binance polygon usdc
Sumber: Coingape

Binance, bursa offshore yang tidak diatur, masih memegang posisi teratas dengan minat terbuka sebesar $3,83 miliar. Angka ini 8% lebih tinggi dari CME. Binance memimpin dalam futures abadi tanpa kedaluwarsa, sementara CME menawarkan kontrak kuartalan.

Namun, CME membawa kredibilitas dan pengawasan dari pemain keuangan tradisional. Bitcoin telah naik 27% bulan ini di tengah ketidakpastian makroekonomi yang berkelanjutan dan optimisme ETF spot. Investor ritel juga tampaknya telah berperan, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan dalam ETF berbasis futures.

Paragraf Penutup

Pergeseran ini menunjukkan bahwa pasar crypto terus berkembang dan berubah. Dengan CME yang semakin mendekati posisi teratas, ini menunjukkan bahwa institusi keuangan tradisional semakin memperkuat posisinya dalam dunia crypto.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi