CMCC Global Luncurkan Dana $100 Juta untuk Dukung Startup Blockchain di Asia!

author:

CMCC Global Luncurkan Dana $100 Juta untuk Dukung Startup Blockchain di Asia!

CMCC Global, perusahaan modal ventura (VC) berbasis di Hong Kong yang berfokus pada crypto, telah mengumpulkan dana sebesar $100 juta untuk mendukung startup blockchain di Asia.

Dana ini, yang dikenal sebagai Titan Fund, telah melakukan lima investasi di berbagai startup blockchain, dengan dua di antaranya ditujukan untuk proyek berbasis di Hong Kong.

Investor Besar Berpartisipasi dalam Pendanaan

Keuntungan Blockchain Menurut Penggiat Pasar Ritel
Sumber: CFO Magazine

Titan Fund berhasil menutup putaran pendanaan perdananya pada 4 Oktober 2023, dengan partisipasi dari 30 investor, termasuk perusahaan blockchain Block.one, taipan Hong Kong Richard Li’s Pacific Century Group, Winklevoss Capital, Jebsen Capital, dan pendiri Animoca Brands, Yat Siu.

Titan Fund akan berfokus pada investasi di bidang infrastruktur blockchain, aplikasi konsumen seperti permainan dan token nonfungible (NFT), serta layanan keuangan, termasuk bursa, dompet, dan platform pinjam-meminjam.

Dua startup Hong Kong yang mendapatkan investasi adalah Mocaverse, proyek NFT yang diluncurkan pada Desember 2022 oleh perusahaan blockchain Hong Kong Animoca Brands yang berhasil mengumpulkan $20 juta pada September, dan Terminal 3, startup infrastruktur data Web3.

Baca juga: Revolusi di Dunia Saham: Hong Kong Luncurkan Platform “Synapse”, Apakah Itu?

Hong Kong: Pelabuhan Aman bagi Crypto

Peluncuran dana VC crypto di Hong Kong ini menandakan meningkatnya prominensi kota ini sebagai pelabuhan aman bagi crypto. Direktur Titan Fund, Yen Shiau Sin, mengatakan bahwa pengetatan terhadap crypto di Amerika Serikat berarti perusahaan Asia mendapatkan keuntungan, karena “proyek-proyek mulai berpikir untuk datang ke sini dan berbicara dengan kami.”

Pada Oktober 2022, Hong Kong mengumumkan perubahan dalam kebijakan crypto-nya, dengan pemerintah menjelaskan bahwa mereka akan fokus pada pembangunan regulasi untuk mendorong Web3. Regulator menggandakan perubahan kebijakan ini dan merumuskan regulasi pro-crypto, membuka jalan bagi bursa crypto yang diatur dan bahkan membuka layanan untuk pelanggan ritel.

Dengan dukungan finansial yang besar dan fokus strategis pada startup Web3 tahap awal, Titan Fund berpotensi memainkan peran penting dalam membentuk masa depan inovasi fintech di kawasan ini.

Seiring Hong Kong terus mengembangkan lanskap regulasinya dan merangkul potensi Web3, kota ini akan mendapatkan manfaat besar dari inisiatif seperti Titan Fund, mendorong pertumbuhan dan mendorong inovasi di ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: