Citrea: Inovasi Terbaru di Dunia Bitcoin dengan Pendanaan Awal $2,7 Juta

Citrea: Inovasi Terbaru di Dunia Bitcoin dengan Pendanaan Awal $2,7 Juta

Dalam perkembangan terkini yang menjanjikan revolusi dalam ekosistem Bitcoin, Citrea, sebuah proyek yang bertujuan untuk mengintegrasikan zero-knowledge rollups (ZK-rollups) ke dalam Bitcoin, telah berhasil mengumpulkan $2,7 juta dalam putaran pendanaan awal. Pendanaan ini dipimpin oleh Galaxy Ventures, lengan ventura dari Galaxy Digital, menandai langkah besar menuju realisasi visi Citrea.

Menghadirkan DeFi ke Bitcoin

Citrea, yang dikembangkan oleh Chainway Labs, berambisi untuk memperluas kemampuan Bitcoin dengan teknologi zero knowledge proof, memungkinkan pembangunan berbagai aplikasi langsung di atas Bitcoin.

Baca Juga: Coinbase Mendukung ETF Ether: Sebuah Langkah Menuju Pengakuan Lebih Luas

Orkun Mahir Kılıç, salah satu pendiri Chainway Labs, menyatakan optimisme bahwa Citrea akan melampaui Ethereum dalam hal kemampuan dan keamanan, mengingat Bitcoin merupakan blockchain yang paling teruji, terdesentralisasi, dan aman.

ZK-Rollups: Solusi untuk Skalabilitas Bitcoin

ZK-Rollups: Solusi untuk Skalabilitas Bitcoin

X/@citrea_xyz

ZK-rollups adalah konsep yang biasanya lebih terkait dengan Ethereum, namun Citrea berusaha membawa teknologi ini ke Bitcoin. Dengan menggabungkan transaksi dan mengamankannya menggunakan protokol kriptografi ZK-proofs, Citrea bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya transaksi di Bitcoin, sekaligus menjaga privasi dan detail transaksi.

Visi Citrea untuk Ekosistem Bitcoin

Citrea tidak hanya berfokus pada peningkatan skalabilitas dan efisiensi Bitcoin tetapi juga berambisi untuk menjadikan Bitcoin sebagai lapisan dasar untuk ekosistem blockchain yang lebih luas, termasuk game blockchain, NFT, dan keuangan terdesentralisasi (DeFi), tanpa mengorbankan keamanan dan aturan konsensus Bitcoin.

Solusi Citrea juga didasarkan pada Ethereum Virtual Machine (EVM), memungkinkan pengembang EVM untuk membangun langsung di atas Bitcoin.

Baca Juga: Kota Perth: Surga Crypto dengan Pantai Indah nan Terpencil

Dengan dukungan kuat dari investor dan visi yang jelas, Citrea berpotensi membawa perubahan signifikan ke dalam ekosistem Bitcoin, membuka kemungkinan baru untuk aplikasi dan penggunaan Bitcoin yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: