Citigroup Luncurkan Citi Token Services: Inovasi Blockchain untuk Pelanggan Institusi!

Citigroup Luncurkan Citi Token Services: Inovasi Blockchain untuk Pelanggan Institusi!

Citigroup, salah satu bank global terkemuka, baru saja memperkenalkan Citi Token Services. Layanan baru ini, yang berbasis blockchain, dirancang untuk memberikan solusi pembayaran lintas batas, likuiditas, dan perdagangan otomatis kepada pelanggan institusi.

Fitur Utama dari Citi Token Services

Citi Token Services adalah teknologi blockchain pribadi dan berbasis izin yang menawarkan solusi pembayaran lintas batas, likuiditas, dan perdagangan otomatis.

Layanan ini akan mengintegrasikan deposit yang ditokenisasi dan kontrak pintar ke dalam jaringan global Citi.

Baca Juga: CBDC Ambil Peran, Bakal Ada Adopsi Massal Crypto. Ini Kata Citi Group!

Dua pilot dari layanan ini telah berhasil dilakukan. Salah satunya bekerja sama dengan perusahaan pengiriman Denmark, Maersk, dan otoritas kanal yang tidak disebutkan namanya, yang memungkinkan pembayaran instan kepada penyedia layanan melalui kontrak pintar.

Manfaat dari Citi Token Services

Citi Token
CryptoSlate

Salah satu keuntungan utama dari layanan ini adalah kemampuan untuk mengurangi waktu pemrosesan transaksi dari hari menjadi menit.

Layanan ini menggantikan jaminan bank dan surat kredit, yang seringkali memperlambat proses transaksi.

Selain itu, pilot kedua memungkinkan klien untuk mentransfer likuiditas antar cabang Citi sepanjang waktu, mengurangi hambatan yang terkait dengan batas waktu dan jeda dalam jendela layanan.

Pandangan Masa Depan dan Kolaborasi Industri

Ryan Rugg, kepala global aset digital TTS, menekankan bahwa solusi dalam jaringan Citi dilengkapi dengan kolaborasi industri yang inklusif dan terbuka pada inisiatif seperti Regulated Liability Network (RLN).

Baca Juga: Laporan Terbaru Citibank Ungkap Potensi CBDC dalam Mempercepat Penyelesaian Transaksi

RLN, yang diperkenalkan pada November 2022, menempatkan aset dan kewajiban pada buku besar yang sama untuk menyediakan penyelesaian atomik.

Citi Token Services menggunakan deposit token, yang merupakan uang bank komersial yang ditokenisasi. Teknologi ini juga sedang dieksplorasi oleh JPMorgan.

Paragraf Penutup

Dengan peluncuran Citi Token Services, Citigroup menunjukkan komitmennya untuk inovasi dan adaptasi di era digital.

Layanan berbasis blockchain ini menjanjikan efisiensi dan kecepatan, memberikan nilai tambah bagi pelanggan institusi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: