Laporan Terbaru Citibank Ungkap Potensi CBDC dalam Mempercepat Penyelesaian Transaksi

author:

Array

Laporan Terbaru Citibank Ungkap Potensi CBDC dalam Mempercepat Penyelesaian Transaksi

Baru-baru ini Citibank telah merilis edisi terbaru dari laporan “Securities Services Evolution” yang menyoroti potensi mata uang digital bank sentral (CBDC) dalam mempercepat siklus penyelesaian transaksi.

Laporan terbaru dari Citibank ini menekankan peran teknologi terdistribusi (DLT), CBDC, dan stablecoin dalam transisi ke siklus penyelesaian T+1, di mana penyelesaian transaksi dilakukan dalam 24 jam.

CBDC sebagai Opsi untuk Siklus Penyelesaian yang Lebih Cepat

laporan cbdc terbaru dari citibank
Ekonomi global bertransisi ke waktu penyelesaian yang lebih cepat. Sumber: Citibank

Laporan Citibank menunjukkan bahwa 87% dari 483 responden survei dan 12 infrastruktur pasar keuangan (FMI) melihat CBDC sebagai opsi yang layak untuk siklus penyelesaian yang lebih pendek pada tahun 2026. Dukungan untuk CBDC meningkat hampir 21% dari perusahaan sekuritas dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Survei Bank for International Settlements: 93% Bank di Dunia Berlomba Mengembangkan CBDC

Bentuk uang digital yang diharapkan dapat digunakan untuk mendukung penyelesaian sekuritas. Sumber: Citibank

Dukungan yang meningkat untuk uang digital didukung oleh inisiatif domestik dan lintas batas. Laporan Citibank menyatakan:

“Eksperimen multi-bank lintas batas terbaru sekarang memberikan wawasan terperinci tentang bagaimana pendanaan bank sentral dapat dioperasikan dalam konteks digital, baik secara internal maupun di seluruh pasar.”

Meskipun demikian, beberapa hambatan utama untuk adopsi digital asset meluas termasuk ketidakpastian regulasi, pengetahuan terbatas, kompatibilitas mundur dengan sistem keuangan tradisional, dan interoperabilitas blockchain.

Tantangan dan Strategi dalam Transisi ke Penyelesaian yang Dipercepat

Hambatan utama dalam penggunaan aset digital secara luas dalam tiga tahun ke depan. Sumber: Citibank

Lebih lanjut, laporan Citibank menemukan bahwa penyelesaian yang dipercepat adalah area fokus terbesar di seluruh FMI dan peserta pasar global, dengan 77% responden mengharapkan dampak besar pada bisnis mereka.

Baca juga: Bank of Korea Pilih 3 Kota Ini untuk Uji Coba CBDC-nya, Apa Saja?

Sebanyak 69% responden berfokus pada otomatisasi dan standardisasi komunikasi klien, sementara 64% ingin meningkatkan atau mengganti platform teknologi.

Selama 3 tahun terakhir, manajemen kas, pendanaan, dan likuiditas telah dianggap sebagai hambatan terbesar untuk mencapai siklus penyelesaian yang lebih pendek. Sebanyak 80% peserta pasar mengharapkan dampak yang signifikan pada bisnis pinjaman dan peminjaman sekuritas mereka.

Ada keyakinan yang berkembang di seluruh industri bahwa uang digital (CBDC, stablecoin yang diterbitkan oleh bank dan non-bank) berkembang dengan cepat, dengan 87% melihatnya sebagai sarana yang layak untuk mendukung penyelesaian sekuritas.

Pada akhirnya, laporan Citibank memberikan pandangan mendalam tentang potensi dan tantangan CBDC dalam mempercepat penyelesaian transaksi. Dengan dukungan yang meningkat dari industri keuangan dan eksperimen yang sedang berlangsung, CBDC mungkin menjadi bagian integral dari masa depan penyelesaian transaksi. Namun, tantangan yang ada perlu diatasi untuk memastikan transisi yang mulus dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi:

Array