Circle Berencana Akhiri Layanan Akun Individu pada November 2023, Apa yang Terjadi?

author:

Circle Berencana Akhiri Layanan Akun Individu pada November 2023, Apa yang Terjadi?

Circle, penerbit stablecoin, baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengakhiri layanan akun individu atau konsumen pada akhir November 2023. Kabar ini mengejutkan banyak pengguna dan memicu berbagai spekulasi di komunitas crypto.

Penutupan Akun Individu Circle

Circle mengungkapkan rencana mereka untuk mengakhiri akun individu atau konsumen pada 30 November 2023. Informasi ini muncul ketika seorang penggemar crypto, Evanss6, membagikan gambar email yang diterimanya dari Circle di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca juga: Circle Gandeng BitoGroup dan FamilyMart untuk Luncurkan Layanan ‘Points-to-Crypto’

circle tutup akun individu
Sumber: Twitter

Akibatnya, pengguna mengetahui bahwa fungsi seperti pengiriman dan pencetakan akan berhenti tersedia untuk akun-akun ini. Seorang perwakilan dari perusahaan tersebut membenarkan perubahan ini.

Juru bicara tersebut menyatakan,

“Circle sedang menghentikan dukungan untuk akun konsumen lama dan telah memberi tahu konsumen individu tentang keputusan ini.”

Namun, penting untuk dicatat bahwa akun Circle Mint bisnis dan institusional tidak terpengaruh oleh perubahan ini dan akan terus berfungsi.

Spekulasi di Balik Keputusan Circle

circle tutup akun individu
Sumber: Twitter

Seiring berita tentang keputusan Circle menyebar di komunitas crypto, berbagai spekulasi mulai muncul di X. Adam Cochran, seorang detektif crypto yang dikenal, menyimpulkan bahwa langkah Circle mungkin merupakan respons terhadap potensi penipisan cadangan mereka.

Dia mengisyaratkan adanya “jaringan akun individu” yang bertindak sebagai “KYC mules”, yang pada dasarnya adalah perantara untuk pencucian uang. Oleh karena itu, keputusan untuk menutup mereka mungkin merupakan tindakan pencegahan.

Baca juga: Binance Memperluas Dukungan USDC di Jaringan Polygon dengan Circle

Circle Menghadapi Tantangan Regulasi di AS

Keputusan perusahaan baru-baru ini tidak terjadi begitu saja. Perusahaan telah menghadapi berbagai tantangan, terutama dari entitas regulasi di AS. Secara signifikan, perselisihan hukum mereka yang sedang berlangsung dengan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) telah menarik perhatian banyak orang.

Inti dari perselisihan ini berkisar pada apakah stablecoin, yang dikaitkan dengan aset lain untuk menjaga stabilitas nilai mereka, harus diatur dengan cara yang sama seperti sekuritas tradisional. Circle dengan tegas percaya bahwa mereka tidak seharusnya.

Dengan penutupan akun individu ini, pengguna yang ingin mencetak stablecoin Circle seperti USDC dan EURC harus beralih ke platform lain. Namun, pesaing Circle, Tether, masih mendukung akun konsumen individu, tetapi dengan batas minimum $100.000.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: